Home » Kecantikan» 6 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Kulit Cepat Keriput di Usia Muda

6 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Kulit Cepat Keriput di Usia Muda

. . Tidak ada komentar:
Penyebab kulit cepat keriput
Muncul garis-garis kerutan di wajah
Seiring bertambahnya usia, semakin tua seseorang maka kulitnya juga akan semakin kendor dan keriput. Hal itu disebabkan karena produksi kolagen akan berkurang seiring dengan berlalunya waktu, menyebabkan kulit menjadi kendor dan semakin mengendor.

Tetapi tahukah Anda bahwa ada banyak penyebab lain yang memicu kulit cepat keriput meski secara usia masih muda. Berikut adalah enam diantaranya:

Banyak Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Gula
Kita semua tahu bahwa salah satu dari banyak masalah yang dapat terjadi jika mengonsumsi makanan yang terkandung banyak gula di dalamnya adalah penambahan berat badan. Namun sadarkah Anda bahwa apa pun yang manis-manis nyatanya juga bisa menyebabkan kerutan?

Menurut para ilmuwan, sekali gula masuk ke dalam tubuh, maka ia akan mengikat berbagai jenis protein. Beberapa dari protein tersebut adalah elastin dan kolagen, dan keduanya merupakan komponen struktural kulit. Dengan jumlah elastin dan kolagen yang demakin berkurang, kulit akan menjadi rentan terhadap perkembangan kerutan.

Pastikan Anda membatasi jumlah asupan makanan manis untuk mencegah kerutan dan banyak masalah lainnya.

Merokok
Ribuan racun akan langsung masuk ke dalam tubuh Anda setiap kali Anda menghisap sebatang rokok. Banyak dari zat beracun yang Anda hirup tersebut menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, serta menghambat penyerapan oksigen dan nutrisi yang mengandung darah ke kulit.

Setelah sirkulasi ke kulit terhambat, kulit akan menjadi rusak yang ditandai dengan terbentuknya kerutan-kerutan. Jika Anda ingin terlihat awet muda, maka berhentilah merokok atau lebih baik tidak merokok sama sekali. Lakukan hal yang sama jika Anda tidak ingin mati muda, merokok terkait dengan sejumlah masalah kesehatan serius yang berisiko kematian.

Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari
Kita memerlukan matahari karena merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Namun, penting untuk membatasi dosis paparannya karena hal itu justru tidak baik yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit dan penuaan dini. Beberapa dari banyak tanda penuaan dini pada kulit adalah munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Terutama di antara jam 10 pagi dan jam 4 sore, lakukan yang terbaik untuk menghindari sinar matahari secara langsung. Jika mungkin Anda tidak bisa berada di dalam ruangan selama waktu itu, gunakan tabir surya yang memiliki SPF 30 atau lebih. Termasuk tidur di bawah sinar lampu yang terang juga tidak baik untuk kulit dan kesehatan secara keseluruhan.

Paparan Polusi
Apakah Anda tinggal di tengah-tengah kota yang begitu ramai berbagai macam kendaraan berlalu lalang? Maka dalam waktu beberapa tahun kemungkinan besar Anda akan memiliki lebih banyak kerutan daripada seseorang seusia Anda tetapi tinggal di pedesaan. Pakar kulit mengatakan bahwa kontak teratur dengan udara yang tercemar dapat mempercepat penuaan kulit.

Jika meninggalkan kebisingan kota tidak memungkinkan lagi, pastikan untuk selalu membersihkan kulit terutama di malam hari sebelum  beranjak tidur untuk menyingkirkan polutan yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Juga, hindari penggunaan riasan dan produk kosmetik lainnya yang mengandung bahan kasar. Sebisa mungkin, pilih yang alami, organik dan non-hypoallergenic.

Banyak Stres (Beban Pikiran)
Polusi bukan satu-satunya aspek yang dapat menyebabkan kerutan, tetapi juga stres. Jika Anda sering menjalani kehidupan sehari-hari dengan sangat menegangkan, maka efeknya sudah sudah jelas, akan muncul garis-garis kerutan sebagai tanda penuaan dini. Di zaman seperti sekarang inj, memang cukup sulit untuk menghindari stres. Namun, sebida mungkin kita dapat membatasi jumlah pemicu stres.

Carilah cara agar tingkat stres yang tinggi berkurang. Ada begitu banyak hal yang bisa dilakukan di sekitar - semisal melakukan yoga, pijat relaksasi atau mendengarkan musik yang menenangkan. Selain itu, lakukan pula latihan rutin dan makan makanan sehat agar tubuh terlindungi dari stres.

Tidak Cukup Tidur
Stres dapat menyebabkan banyak masalah, dan salah satunya adalah insomnia. Tahukah Anda bahwa penyebab lain kerutan yang tidak berkaitan dengan penuaan adalah kesulitan mendapatkan tidur malam yang nyenyak?

Jika Anda mengalami stres dan insomnia, maka dampaknya akan sangat nyata pada kulit. Dengan kita mengatasi stres, insomnia akan hilang dengan sendirinya. Anda juga dapat mencoba beberapa solusi alami untuk atasi insomnia seperti meminum teh chamomile atau jus ceri tart, termasuk juga penggunaan minyak esensial dengan sifat merilekskan tubuh..

Ada banyak penyebab lain insomnia selain stres, seperti kondisi medis tertentu. Ada baiknya agar Anda mencari bantuan dokter untuk mengidentifikasi penyebab pastinya.

Komentar Anda