Home » Kesehatan» 15 Manfaat Luar Biasa Nangka yang Belum Banyak Diketahui

15 Manfaat Luar Biasa Nangka yang Belum Banyak Diketahui

. . Tidak ada komentar:
Buah nangka segar
Buah nangka segar
Pohon nangka umumnya banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Merupakan jenis tanaman angiospermae dari keluarga Moraceae, yang masih ada kaitannya dengan buah ara, murbei, sukun, dll. Buah nangka yang sudah tua beratnya bisa mencapai 50 kilogram, dengan panjang 80-90 sentimeter dan berdiameter 40-50 cm.

Setiap bagian dari pohon ini memiliki nilai obat tersendiri, misalnya:

• Ekstrak akar digunakan untuk mengobati asma, penyakit kulit, demam, dan diare.
• Kulit pohonnya memiliki efek sedatif.
• Daunnya digunakan untuk mengobati demam, diabetes dan untuk menyembuhkan luka, penyakit kulit, bisul, dll.
• Lateks pohon nangka dicampur dengan cuka untuk menyembuhkan pembengkakan kelenjar dan gigitan ular.
• Buah yang matang digunakan sebagai obat pencahar alami.

Berikut adalah beberapa manfaat luar biasa nangka yang masih belum banyak orang ketahui:

1. Menjaga Tekanan Darah Normal
Kalium dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahankan tingkat cairan dengan elektrolit. Nangka memiliki banyak potasium yang mengatur kadar natrium. Dengan demikian, buah nangka dapat membantu mempertahankan lonjakan tekanan darah agar tetap normal.

2. Mencegah Kanker
Radikal bebas di dalam tubuh dihasilkan karena stres oksidatif dan ini efeknya dapat merusak DNA, menyediakan lingkungan yang cocok untuk perkembangan dan produksi sel kanker. Nangka memiliki banyak antioksidan, flavonoid, dan fitonutrien yang mencegah timbulnya stres oksidatif, dan dengan demikian, dapat mencegah kanker.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Nangka memiliki lebih banyak kalsium daripada susu. Ia juga mengandung potassium yang mencegah hilangnya kalsium melalui ginjal. Selain itu juga memiliki vitamin C yang membantu menyerap lebih banyak kalsium. Dengan demikian, kepadatan tulang akan meningkat dengan sendirinya secara alami.

4. Baik Untuk Sistem Saraf
Nangka memiliki jumlah niasin dan tiamin yang lebih tinggi daripada pisang dan mangga. Bisa dikonsumsi sebagai makanan energi untuk atlet, karena dapat mencegah terjadinya kelemahan otot, kelelahan fisik dan mental, dan stres karena nutrisi yang disediakan sangat penting untuk sel saraf dan serat otot.

5. Menyembuhkan Diabetes
Diabetes memiliki efek hipoglikemik pada tubuh. Nangka bertindak sebagai suplemen obat alamiah yang membantu menyembuhkan diabetes karena kemampuannya untuk meningkatkan toleransi glukosa pada penderita diabetes.

6. Menyembuhkan Tukak Perut
Nangka memiliki sifat anti-ulseratif, antiseptik, dan sifat anti-inflamasi yang membantu mencegah dan menyembuhkan bisul dan masalah pencernaan lainnya.

7. Menyembuhkan Bintik Dan Penuaan Kulit
Nangka memiliki sifat yang menghambat produksi melanin. Manfaatnya bisa membantu menyembuhkan noda kulit, hiperpigmentasi, dll. Biji nangka bisa langsung digiling dan diaplikasikan secara eksternal di area kulit untuk mendapatlan hasil yang sempurna. Antioksidan yang ada dalam buah ini juga memperlambat penuaan dengan mengurangi stres oksidatif.

8. Mencegah Flu Dan Infeksi
Nangka memiliki cadangan vitamin C yang mencegah flu dan infeksi ringan. Antioksidan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap terkondisi.

9. Mengatur Tingkat Gula Darah
Kadar gula darah yang tidak teratur sangat berbahaya bagi tubuh. Nangka memiliki mangan yang sangat penting untuk menjaga tingkat gula darah yang stabil dan sehat.

10. Mencegah Anemia
Nangka membantu mencegah anemia dengan meningkatkan kapasitas kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Selain itu, ia juga memiliki magnesium, mangan, folat, copper, asam pantotenat, vitamin B6, niacin, vitamin A, C, E, dan K, yang semuanya penting untuk pembentukan darah.

11. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Nangka memiliki vitamin B6. Vitamin B6 ini dapat membantu menurunkan kadar homocysteine yang mencegah kerusakan sel endotel yang menyebabkan terjadinya radang pembuluh darah. Tingginya kadar homocysteine berhubungan dengan penyakit jantung dan dengan demikian, nangka dapat menurunkan risiko ini.

12. Menyehatkan Tiroid
Nangka mengandung banyak copper yang penting untuk produksi hormon dan penyerapan di tiroid. Selan itu juga memiliki banyak nutrisi mikro yang penting untuk banyak proses metabolisme dalam tubuh.

13. Menyehatkan Mata
Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata, merupakan antioksidan yang bisa menghilangkan radikal bebas dan melindungi mata. Kandungan beta-karoten dan lutein zeaxanthin dalam nangka juga diubah menjadi vitamin A yang memberikan lebih banyak antioksidan.

14. Mengatur Gerakan Usus
Nangka adalah buah kaya serat, yang bjsa membantu dalam mengatur gerakan usus dan membakar kalori. Membantu mencegah sembelit atau gangguan pencernaan lainnya.

15. Detoksifikasi
Daun dan biji buah bua nangka memiliki manfaat luar biasa untuk detoksifikasi tubuh dari semua racun yang mungkin terkandung di dalam tubuh. Selain itu juga dapat digunakan secara eksternal untuk diterapkan pada kulit guna mencegah keriput dini. Karena efeknya mendetoksifikasi tubuh, maka khasiatnya akajn membuat kulit mulus dan bercahaya.

Komentar Anda