Home » Kesehatan» Pengetahuan Umum» Cara Buat Cuka Sari Apel Sendiri di Rumah, Bisa untuk Obat Penyakit

Cara Buat Cuka Sari Apel Sendiri di Rumah, Bisa untuk Obat Penyakit

. . Tidak ada komentar:
Cuka sari apel buatan sendiri
Cuka sari apel buatan sendiri
Selain umum digunakan sebagai campuran bahan pembuatan makanan, cuka sari apel juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penyakit tertentu mulai dari mulas, obesitas hingga kolesterol tinggi. Karena alasan inilah cuka apel menjadi salah satu produk yang paling dicari bagi orang-orang yang sadar akan kesehatan dengan solusi alami.

Tahukah Anda bahwa kita juga bisa membuat sendiri cuka sari apel di rumah. Caranya mudah kok, tidak perlu usaha-usaha rumit. Dengan membuat sendiri kita akan tahu dan bisa menentukan sendiri bahan-bahan yang dibutuhkan. Tanpa pengawet dan tanpa tambahan bahan-bahan kimia berbahaya.

Ada banyak manfaat untuk memproduksi cuka sari apel sendiri di rumah, antara lain:

Kita bisa menghemat uang. Sudah jelas dengan membuat sendiri kita akan menghemat sejumlah uang karena bahan-bahan dasar biasanya berharga lebih murah dan kita hanya membutuhkan seperlunya saja.

Kita tahu sendiri bahan-bahan apa yang digunakan. Kita tidak perlu khawatir dengan campuran bahan-bahan tersembunyi yang mungkin ada pada cuka sari apel hasil pabrikan. Karena dengan membuatnya sendiri, kita bisa memastikan kandungan bahan apa yang perlu dan tidak diperlukan.

Anda bisa menjadi pusat perhatian. Apakah Anda memiliki keluarga atau sanak famili yang juga sering menggunakan cuka sari apel? Buat mereka terkesan dengan membagikan botol cuka sari apel buatan tangan Anda sendiri.

Membuat cuka sari apel dari awal sangatlah mudah. Bahkan, Anda hanya perlu beberapa bahan - apel dan gula tebu organik.

Untuk menghasilkan cuka sari apel buatan sendiri dengan hasil paling istimewa, kita perlu menggunakan berbagai jenis apel yang berbeda. Buasa dikreasikan sendiri sesuai mood dan selera. Namun begitu, tidak ada masalah jika Anda lebih memilih untuk menggunakan hanya satu varian apel saja.

Dalam membuat cuka sari apel ini kita memerlukan bahan tambahan berupa gula organik, pertanyaanya bukahkah gula tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan?. Ada beberapa alasan mengapa Anda tidak perlu khawatir dengan gula tebu organik:

Gula tebu organik diperlukan untuk memberi makan bakteri yang dapat mengubah apel menjadi cuka sari apel.

Banyak kandungan gula alami pada apel hilang saat proses fermentasi sehingga pada hasil akhirnya cuka sari apel buatan Anda tidak akan memiliki kandungan tingga gula.

Langsung saja, berikut ini langkah demi langkah cara membuat sendiri cuka sari apel di rumah:

- Siapkan wadah toples besar dan toples kecil, lalu jangan lupa cuci sampai benar-benar bersih. Biarkan selama beberapa saat sampai kering sebelum digunakan.

- Isi 3/4 toples besar dengan apel yang dicincang kasar. Anda juga dapat menggunakan kulit dan isi apel sekaligus.

- Dalam secangkir air, larutkan 1 sdm gula tebu organik. Tujuannya adalah agar apel tersebut benar-benar terendam dalam larutan, jadi mungkin Anda harus menggandakan atau melipatgandakannya tergantung pada seberapa besar wadah yang digunakan.

- Tuangkan larutan gula tebu organik ke dalam botol besar. Sekali lagi, pastikan bahwa semua apel benar-benar terendam di dalamnya. Jika tidak, jamur dapat terbentuk dan hal itu justru tidak baik bagi kesehatan.

- Isi wadah kecil dengan air dan tutup rapat. Tempatkan di dalam wadah besar untuk  memastikan bahwa apel tertekan dan tetap terendam dalam larutan.

- Tutup botol besar dengan sepotong kain katun tipis. Rekatkan dengan lilitan karet gelang sampai benar-benar tertutup rapat.

- Letakkan di tempat yang sejuk dan kering di dapur atau bisa di dalam lemari yang ada di dapur hasilnya lebih bagus.

- Biarkan selama sekitar 3 minggu. Setiap dua hari sekali, periksa wadah untuk memastikan bahwa apel tetap terendam dalam larutan gula tebu organik.

- Setelah 3 minggu, saring dan kembalikan bagian cairnya ke dalam toples. Tutup dengan sepotong kain katun tipis kembali dan kencangkan dengan karet gelang.

- Letakkan kembali stoples di tempat yang sejuk serta kering dan biarkan tetap di sana selama sekitar 3 minggu lagi. Aduk setiap beberapa hari.

- Setelah 3 minggu berselang, gunakan corong dengan saringan untuk menyaring cuka sari apel buatan Anda ke botol dan siap digunakan.
Loading...

Komentar Anda