Home » Kesehatan» 8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Penyakit Darah Rendah

8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Penyakit Darah Rendah

. . Tidak ada komentar:
Cara mengatasi penyakit darah rendah
Mengukur tekanan darah
Apakah Anda mengalami mual dan pusing saat hendak bangun sehabis berbaring atau berdiri untuk melakukan aktivitas?. Pernahkah Anda merasakan seolah-olah darah terdorong cepat menuju otak dan tubuh serasa menjadi kosong selama beberapa saat?.

Jika jawaban ya, berarti ada kemungkinan besar bahwa Anda saat ini tengah menderita penyakit tekanan darah rendah. Mengabaikan gejala ini dapat menimbulkan dampak konsekuensi yang jauh lebih besar dan merugikan. Oleh karena itu, tindakan yang tepat harus segera dilakukan untuk mengatasi gejala tekanan darah rendah ini agar tidak menjadi semakin buruk dan terlanjur parah.

Hipotensi atau tekanan darah rendah ditandai dengan gejala penurunan tiba-tiba aliran darah ke berbagai organ dalam tubuh, yang dapat menyebabkan gejala syok. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Beberapa alasan yang paling umum adalah peradangan organ, pendarahan karena faktor internal atau eksternal, kekurangan vitamin B12 atau folat, atau juga dehidrasi. Faktor-faktor lain termasuk yaitu penyakit jantung, efek samping dari obat-obatan untuk depresi atau hipertensi, inefisiensi adrenal, atau bahkan konsumsi alkohol.

Ada beberapa tanda dan gejala tertentu yang menunjukkan seseorang menderita tekanan darah rendah. Beberapa yang umum adalah kelelahan, pingsan, pusing, dan kepala terasa ringan (mbliyer). Selain itu, ada juga penyakit tertentu yang dapat mengakibatkan atau memiliki efek samping hipotensi. Hanya bisa diketahui dengan melakukan medical checkup di rumah sakit.

Oleh karena itu, berikut kami bagikan cara sederhana mengatasi darah rendah agar normal kembali dengan jalan pengobatan rumahan. Adapun diantaranya:

1. Vitamin
Salah satu alasan utama yang bisa menyebabkan tekanan darah rendah adalah kekurangan vitamin. Studi mengungkapkan bahwa konsumsi vitamin E dan B12 membantu meningkatkan tingkat tekanan darah. Jadi, itu harus dihindari oleh mereka yang menderita hipertensi qtau darah tinggi.

Sebaliknya, orang yang menderita anemia disarankan untuk mengonsumsi vitamin B12 guna meningkatkan tekanan darah rendah agar nirmal kembali. Untuk hal ini, seseorang disarankan mengonsumsi ubi jalar, ikan, almond, telur, keju, bayam, dan susu.

2. Kopi
Obat alami untuk meningkatkan tekanan darah agar normal kembali adalah dengan mengonsumsi kafein. Dua cangkir kopi dapat menjadi obat sementara untuk meningkatkan tingkat tekanan darah. Cukup dalam secangkir air tambahkan dua sendok teh kopi dan gula sesuai keinginan.

3. Teh Hijau
Teh hijau dikenal memiliki manfaat kesehatan potensial dan berperan penting dalam menurunkan berat badan. Kandungan sedikit kafein didalamnya juga bisa membantu dalam meningkatkan tekanan darah menjadi normal. Cara mengonsumsinya, dalam secangkir air panas tambahkan satu sendok teh hijau. Didihkan selama 10 menit dan saring. Tambahkan satu sendok madu sebelum diminum. Konsumsi sebanyak dua atau tiga kali dalam sehari.

4. Minyak Rosemary
Untuk melakukan terapi ini, Anda akan membutuhkan 1 sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun dan 6 tetes minyak rosemary. Campurkan kedua minyak tersebut dan oleskan ke seluruh tubuh. Anda juga dapat menambahkan tetesan minyak rosemary ke dalam air mandi dan merendam tubuh selama beberapa menit di dalamnya. Minyak esensial ini mengandung kapur barus yang dapat merangsang sistem pernapasan dan sirkulasi darah. Sifat anti-hipotensifnya membantu meningkatkan tingkat tekanan darah.

5. Air Asin
Garam memiliki kandungan natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah dari rendah ke normal. Namun begitu, tetap hindari terlalu banyak mengonsumsi karena dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Jika Anda mengalami kelelahan atau pusing, dalam segelas air tambahkan setengah sendok teh garam dan aduk rata. Minum campuran ini hanya ketika ada penurunan tingkat tekanan darah yang tiba-tiba. Ingat, jangan dikonsumsi secara berlebihan.

6. Ginseng
Teh ginseng adalah salah satu solusi sempurna untuk mengobati tekanan darah rendah sendiri di rumah. Tetapi harus dikonsumsi dalam jumlah moderat setidaknya dua atau tiga kali dalam sehari. Dalam secangkir air tambahkan 1 sendok teh ginseng dan didihkan. Didihkan selama beberapa menit lalu saring. Dinginkan dan tambahkan satu sendok madu sebelum dikonsumsi.

7. Holy Basil (kemangi) dan Madu
Tahujah Anda bahwa daun kemangi dianggap sebagai salah satu daun suci yang digunakan untuk beribadah di beberapa tempat di dunia. Daun kemangi telah diketahui memiliki beberapa sifat obat, seperti anti-inflamasi, adaptogenik, terapeutik, dan pelindung kardio. Ini diperkaya dengan potasium, vitamin C, dan magnesium.

Kombinasi dari daun kemangi dan madu dapat membantu menormalkan tingkat tekanan darah yang rendah. Untuk membuat campuran, haluskan 15-20 daun kemangi dan tambahkan satu sendok teh madu ke dalamnya. Konsumsilah sekali setiap hari di pagi hari dan jangan lupa cek tekanan darah Anda.

8. Licorice
Untuk menyembuhkan hipotensi, akar licorice dapat dijadikan solusi alternatif yang alami. Dalam secangkir air tambahkan satu sendok teh licorice. Rebus selama beberapa menit dan biarkan mendidih selama 5 menit. Saring dan tambahkan satu sendok madu sebelum dikonsumsi.

Beberapa Tindakan Pencegahan Untuk Hipotensi:
• Saat menderita tekanan darah rendah, dianjurkan mengikuti diet (pola makan) yang memiliki kandungan garam tinggi.
• Hidrasi tubuh dengan mengonsumsi cukup banyak jus dan air.
• Minum air yang cukup saat iklim panas untuk meminimalisir dampak dari pengurangan garam dalam bentuk keringat, yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah.
• Hindari mengonsumsi minum-minuman keras.
• Lakukan olahraga yang cukup untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
• Saat duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, lakukanlah gerakan memompa kaki atau pergelangan kaki untuk menghindari penurunan tekanan darah secara tiba-tiba.
• Jika Anda merasa pusing, angkat kepala sambil berbaring di tempat tidur.
• Hindari menggunakan air panas dan mengangkat benda-benda berat.
• Perbanyak mengonsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan tekanan darah seperti yang telah disebutkan sebelumnya.
Loading...

Komentar Anda