Home » Kesehatan» 6 Gejala Seorang Akan Terkena Stroke yang Sering Dihiraukan

6 Gejala Seorang Akan Terkena Stroke yang Sering Dihiraukan

. . Tidak ada komentar:
Gejala terkena stroke
Tanda stroke, wajah menjadi asimetris
Tentu kita semua sudah tahu bahwa stroke adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Mereka yang menjalani gaya hidup tidak sehat lebih rentan terhadap penyakit ini dibandingkan dengan orang yang berhati-hati dan senantiasa menjaga hidup sehat. Meskipun tidak dapat dipastikan kapan seseorang berisiko terkena stroke, ada beberapa gejala yang harus diperhatikan karena bisa jadi merupakan tanda-tanda awal stroke.

Dengan mengetahui gejala awalnya, kita akan dapat mengambil langkah yang tepat untuk melindungi diri dari masalah penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah ini. Berikut adalah beberapa tanda awal kemungkinan seseorang akan terkena stroke yang seharusnya tidak boleh dihiraukan.

1. Kebas atau mati rasa
Pernah merasa mati rasa di lengan atau kaki Anda setelah bangun tidur?. Sebagian besar orang berasumsi bahwa itu karena kompresi saraf saat orang tertidur. Namun dalam hal ini jika kebas tersebut tidak menghilang setelah beberapa menit, Anda perlu meminta bantuan. Ketika darah yang mengalir melalui arteri menuju tulang belakang sampai ke otak berkurang, mati rasa pasti akan terjadi pada satu sisi tubuh.

2. Kelelahan
Tanda lain dari stroke yang harus diwaspadai adalah kelelahan. Ingatlah bahwa tubuh sejatinya terdiri dari bahan kimia, air, dan hormon-hormon. Ketika tidak terjadi keseimbangan diantara komposisi tubuh tersebut, gejala seperti kelelahan dapat terjadi. Sering tiba-tiba lelah juga bisa disebabkan karena stroke yang memengaruhi otak, yang kemudian berdampak pada hormon dalam tubuh. Jika Anda sering tiba-tiba merasa lelah tanpa suatu sebab apa pun, mungkin Anda sudah menderita stroke yang harus ditangani secepatnya.

3. Kesulitan berbicara
Meski kesulutan bicara juga bisa disebabkan karena penyakit lain tertentu, namun kebanyakan orang tidak mengasosiasikannya dengan stroke. Jika kesulitan bicara bukan merupakan efek samping dari perawatan yang Anda jalani, mungkin Anda sudah mengalami stroke dan harus mencari bantuan sesegera mungkin. Jika wajah tiba-tiba menjadi asimetris, itu juga merupakan tanda lain Anda mengalami stroke.

4. Kesulitan dalam berpikir
Tanda atau gejala lain seseorang mengalami stroke adalah mengalami kesulitan berpikir atau memikirkan sesuatu hal yang tidak seperti biasanya. Ini terjadi karena otak tidak mendapatkan cukup oksigen sehingga sulit untuk mengekspresikan diri atau tidak dapat memahami apa yang dibicarakan orang lain. Jika Anda mengalami situasi seperti ini, kemungkinan besar Anda akan mengalami stroke.

5. Sakit kepala luar biasa
Nyeri kepala yang kuat atau tidak biasa Anda alami sebelumnya juga bisa menjadi tanda stroke. Ketika Anda mengalami sakit kepala yang luar biasa atau migrain yang parah, lebih baik untuk mendapatkan bantuan sesegera mungkin guna memastikan bahwa hal itu bukan merupakan gejala awal stroke.

6. Masalah penglihatan
Masalah stroke juga bisa berpengaruh pada penglihatan seseorang. Otak sebenarnya terbagi menjadi dua bagian dan mengendalikan sisi yang berlawanan. Jadi ketika satu sisi terpengaruh oleh stroke, seseorang akan mengalami penglihatan ganda. Sebagian besar orang berpikir penglihatan ganda disebabkan karena mata kita sudah lelah atau karena terlalu lama menonton TV sepanjang hari. Namun jika perubahannya hanya terjadi pada satu mata, maka itu adalah tanda pasti penyakit stroke. Dari gejala ini ada kemungkinan masalah lebih serius lagi yang masih perlu diperikasakan lebih lanjut oleh dokter.
Loading...

Komentar Anda