Home » Kesehatan» Video» Tekan Titik Ini untuk Redakan Stres dan Kecemasan dalam Sekejap

Tekan Titik Ini untuk Redakan Stres dan Kecemasan dalam Sekejap

. . Tidak ada komentar:
Praktek pengobatan Cina telah ada selama lebih dari 2.500 tahun dan juga telah diakui secara global sebagai metode yang efisien untuk mengobati masalah kesehatan seperti stres dan kecemasan.

Menurut pengobatan tradisional China, setiap individu memiliki titik-tiriik akupresur khusus di seluruh tubuhnya. Titik-titik akupresur ini terletak di sepanjang apa yang dikenal sebagai energi meridian. Qi manusia atau kekuatan hidup, mengalir melalui meridian ini.

Akupresur dapat membantu merangsang area yang tidak berfungsi atau melemah agar berfungsi kembali sebagaimana semestinya. Tekanan-tekanan ini akan merangsang aktivitas di daerah-daerah yang sakit dan perlu disembuhkan.

Pengobatan China kuno telah mengidentifikasi 12 energi meridian yang terhubung ke organ utama, serta membantu menjaga keseimbangan tubuh. Jika ada salah satu meridian tidak berfungsi dengan baik, seluruh tubuh akan terganggu atau tidak berfungsi dengan kapasitas optimalnya.

Ada titik-titik akupresur untuk mengurangi stres dan kecemasan. Jika kita menerapkan tekanan ke bagian tubuh tertentu, kita dapat mengurangi efek buruk stres dan kecemasan yang kita alami. Proses akupresur ini dilakukan dengan menggunakan jari-jari tangan kosong sementara akupunktur menggunakan tusukan-tusukan jarum.

Jika tekanan diterapkan ke area CV 17, ada efek khusus yang akan langsung dirasakan oleh seseorang. CV 17 sendiri merupakan singkatan dari ‘conception vessel 17’, titik paling tengah atau pusat dada. Jika Anda pernah merasakan gangguan akibat stres dan kecemasan, bagian tengah dada ini akan terasa sedikit sakit ketika Anda menekannya. Bahkan pengobatan China menyebut titik ni sebagai the sea of tranquility (lautan kedamaian).

Area CV 17 sangat penting sebagai pusat jantung-energi tubuh atau cakra jantung. Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, pusat jantung dikaitkan dengan emosi tubuh. Ketika pusat ini berfungsi dengan baik maka seseorang akan merasa gembira serta memiliki hubungan yang harmonis dengan segala sesuatu di sekitarnya. Jika seseorang mengalami stres, daerah ini akan menjadi sakit dan mengubah suasana hati menjadi mudah tersinggung.

Juga dikatakan pula bahwa lokasi CV 17 juga berkontribusi untuk menyeimbangkan tingkat energi yin dan yang di dalam tubuh, dimana manfaatnya dapat mengembalikan keseimbangan indra fisik dan emosional kita.

Orang yang secara teratur mempraktekkan akupresur meyakini bahwa semua ketidakseimbangan dalam sistem saraf kita dapat diobati dengan memberikan sedikit tekanan pada area CV 17. Ini juga membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ikuti petunjuk di bawah ini untuk menemukan area CV 17 di tubuh kita dan selanjutnya bisa langsung menerapkan akupresur yang diperlukan:
Akupresur unttk menghilangkan stres dan kecemasan
Titik area CV 17
- Anda dapat menemukan area CV 17 dengan menggunakan ukuran empat jari di atas pangkal tulang dada -  tepat di tengah dada;

- Letakkan ujung jari telunjuk Anda di dalam lekukan kecil di area ini. Sekarang gunakan tekanan ringan, perlahan gosokkan ke atas dan ke bawah pusat tulang dada sampai Anda menemukan tempat yang tepat yaitu sakit;

- Sekarang luruskan punggung dan dudukklah dengan tegak sembari meletakkan telapak tangan Anda bersama dengan jari-jari menunjuk ke arah langit-langit. Posisi ini disebut pose doa;

- Setelah berada dalam pose doa, gunakan bagian belakang buku ibu jari untuk menerapkan tekanan lembut ke pusat CV 17 selama hampir 2 - 3 menit;

- Tutup mata Anda dan hirup napas dalam-dalam secara perlahan dan teratur;

- Kepala tetap harus pada posisi tegak. Rilekskan leher dan bahu Anda.

- Anda juga bisa dengan lembut menyentuh area ini dengan jari-jari saat hendak akan tidur di malam hari.

Area akupresur CV 17 juga membantu bagi orang yang mengalami depresi, kelelahan kronis, gangguan stres pasca-trauma, dan ketidakseimbangan hormon.
Loading...

Komentar Anda