Home » Kesehatan» Sebulan Sebelum Gagal Jantung, Anda Akan Mengalami 6 Gejala Ini

Sebulan Sebelum Gagal Jantung, Anda Akan Mengalami 6 Gejala Ini

. . Tidak ada komentar:
Gejala serangan jantung
Ilustrasi serangan jantung
Penyakit jantung kini telah menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Gaya hidup yang cenderung lebih banyak stres dan makanan tidak sehat yang sering kita konsumsi setiap hari diketahui merupakan faktor terbesar terkait penyebab utama penyakit ini selama beberapa tahun terakhir.

Menjalani gaya hidup sehat dan sebisa mungkin mengurangi tingkat stres dalam hidup akan sangat membantu dalam melindungi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk mencegah terjadinya penyakit gagal jantung.

Jika seseorang memiliki risiko terkena penyakit jantung yang mungkin tidak disadari, maka ia akan mengalami beberapa masalah kesehatan yang menjadi gejalanya. Berikut adalah enam gejala yang bisa menjadi tanda jika seseorang akan mengalami gagal jantung, setidaknya satu bulan sebelum itu terjadi.

1. Kelelahan
Ketika arteri menjadi sempit, jantung akan menerima lebih sedikit darah dari level normal biasanya. Hal ini membuat jantung bekerja jauh lebih keras daripada biasanya. Dampak yang akan kita rasakan adalah menjadi mudah terlalu lelah dan sering mengantuk hampir sepanjang waktu.

2. Sesak nafas
Ketika jantung menjadi semakin kekurangan darah, hal ini akan berdampak pada paru-paru tidak bisa memeroleh sebanyak mungkin asupan oksigen seperti biasanya.

Jantung dan paru-paru merupakan sistem tubuh yang saling bergantung satu sama lain, keduanya tidak dapat dipisahkan. Jika Anda mengalami kesulitan bernafas sebaiknya segera mungkin berkonsultasi dengan dokter, karena gejala ini bisa menjadi salah satu gejala seseorang akan mengalami gagal jantung.

3. Kelemahan
Kelemahan bisa disebabkan karena arteri menjadi lebih sempit yang tidak memungkinkan terjadinya sirkulasi darah dengan benar. Otot-otot tidak mendapatkan apa yang seharusnya dibutuhkan, dan ini pada gilirannya dapat menyebabkan Anda menjadi semakin melemah dan bahkan sering pingsan.

4. Pusing dan Keringat Dingin
Sirkulasi yang buruk juga menyebabkan aliran darah ke otak menjadi terbatas atau tidak lancar. Waspadalah karena keadaan ini bisa sangat mengancam kehidupan. Gejala awalnya adalah pusing dan berkeringat dingin, sebelum akhirnya didiagnosa mengalami gagal jantung. Jadi, jangan menunda-nunda untuk memeriksakan diri ke dokter jika merasakan ada yang tidak beres pada tubuh.

5. Dada Terasa Berat
Jika Anda berisiko mengalami gejala serangan jantung, maka akan mengalami rasa ketidaknyamanan di bagian dada, bisa itu nyeri ringan atau tekanan pada dada yang terasa berat. Kondisi ini akan terus meningkat sampai serangan jatung tersebut benar-benar terjadi.

6. Gejala Flu atau Pilek
Jika Anda merasa seolah-olah mengalami gejala flu atau pilek dan disertai dengan gajala-gejala di atas, kemungkinan hal itu bisa dikarenakan serangan jantung itu sendiri yang akan terjadi dalam waktu dekat. Banyak orang mengalami flu dan pilek selang beberapa hari sebelum akhirnya mengalami gagal jantung.

Bagaimana Cara Penanganannya?
Jika Anda atau ada seseorang yang Anda kenal mengalami gejala-gejala seperti disebutkan di atas, silakan kunjungi dokter sesegera mungkin. Cara terbaik untuk mencegah serangan jantung adalah dengan memerhatikan gejalanya sejak dini.

Referensi: Medicine Netwww.nhlbi.nih.gov
Loading...

Komentar Anda