Home » Kesehatan» Video» Olahraga Seperti Ini yang Menurut Ilmuan Bisa Bikin Umur Panjang

Olahraga Seperti Ini yang Menurut Ilmuan Bisa Bikin Umur Panjang

. . Tidak ada komentar:

Bagikan:

Olahraga panjang umur
Latihan menyentuh lantai dengan jari
Olahraga adalah tindakan fisik yang berujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Kita semua tentu sudah tahu akan pentingnya olahraga sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat. Olahraga seyogyanya sama pentingnya dengan makan sehat dan tidur nyenyak.

Olahraga meningkatkan stamina tubuh dan juga membantu memaksimalkan kalori ekstra. Tak hanya itu, olahraga juga bisa membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita secara keseluruhan. Mood atau suasana hati yang buruk juga bisa ditingkatkan dengan berolahraga. Bahkan kondisi penyakit-penyakit tertentu juga bisa dicegah dengan cara berolahraga secara teratur.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa olahraga memang salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun begitu, tidak semua orang dapat memeroleh manfaat dengan melakukan jenis latihan atau olahraga yang sama. Karena motif dasarnya berbeda, rangkaian latihan dan intensitasnya juga berbeda pula. Tetapi untuk mengetahui jenis olahraga yang paling sesuai dengan motif Anda, maka Anda harus terlebih dahulu melakukan tes untuk menguji usia tubuh. Hanya dengan begitu Anda dapat mengetahui jenis latihan apa yang paling dibutuhkan tubuh Anda.

Cara Menguji Usia Tubuh
Caranya sangat mudah, yang perlu Anda lakukan adalah berdiri tegak dengan kaki dan punggung lurus. Perlahan turunkan kepala ke arah depan (dengan posisi kaki tetap lurus) dan cobalah untuk menyentuh jari-jari kaki Anda. Sekarang berdiri tegak lagi seperti posisi semula dan rilekskan tubuh Anda.

Hasilnya:
1. 20-25 Tahun
Anda akan dapat menyentuh lantai dengan telapak tangan dan tubuh masih tetap rileks. Anda mampu melakukannya dengan cukup mudah tanpa ada hambatan karena secara fisik otot-otot tubuh masih lemas.

2. 25-38 Tahun
Anda dapat menyentuh lantai dengan ujung jari-jari Anda dengan lutut sedikit tertekuk. Namun, Anda akan merasakan ketidaknyamanan (otot tegang) yang sangat kuat dan tidak mampu bertahan lama, hanya sekian detik saja.

3. 38-50 Tahun
Lutut akan nampak sekali tertekuk dan Anda hanya mampu menyentuh bagian atas kaki saja. Anda akan merasakan sakit di bagian dalam kaki.

4. Lebih dari 50
Anda tidak dapat lagi menyentuh ke bawah meskipun dibantu dengan menekuk kaki. Bawaannya sakit dan hanya mampu bertahan sepersekian detik saja.

Sekarang Anda sudah tahu berapa usia tubuh Anda, dan saatnya kini untuk berolahraga guna meningkatkan efisiensi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan dengan melakukan senam membungkuk badan. Menurut American Journal of Epidemiology, otot yang kuat dan elastis bisa menjauhkan diri dari risiko kematian karena semua sebab.

Latihan untuk Meningkatkan Kesehatan dan Usia Tubuh
Mungkin Anda tidak puas dengan hasil tes di atas. Tak masalah, Anda dapat selalu merubahnya dengan berlatih terus-menerus dan inilah yang memang harus Anda lakukan. Cukup latihan membungkuk sekitar 30 kali sehari Anda akan mendapatkan hasil terbaik dalam kurun waktu hanya sebulan. Namun begitu, jangan terlalu memaksakan tubuh sekaligus karena bisa menyebabkan cedera.

Lakukanlah secara perlahan dan mantap, jangan tergesa-gesa. Dorong tubuh Anda sedikit demi sedikit lebih banyak setiap hari. Mulailah beberapa hari pertama dengan mencoba menyentuh bagian atas kaki. Jika sudah mampu melakukannya dengan mudah, lanjutkan dengan bergerak ke arah menyentuh jari-jari kaki Anda dengan ujung jari-jari. Jika Anda sudah mampu melakukannya dengan mudah, pada tahap ini Anda bisa berlatih lanjutan dengan menyentuh lantai menggunakan telapak tangan. Dengan kondisi kesehatan tubuh yang senantiasa terjaga, maka prosentase harapan hidup juga akan meningkat lebih lama. Rutin melakukan olahraga ini adalah salah satu cara paling sederhana yang mudah dilakukan oleh siapa saja.

Tips melepaskan ketegangan otot:
Untuk melepaskan ketegangan otot, senam statis adalah jawabannya. Tak hanya itu, senam statis juga dapat membantu memperkaya tubuh dengan oksigen. Latihan ini juga memberikan efek 'pijatan ringan' ke organ dalam agar tidak terkena dampak atau setidaknya meminimalisir zat beracun konstan yang ditemukan pada makanan dan udara.

Perhatian, harap melakukan senam statis ini secukupnya saja. Jangan berlebihan dan segera temui dokter jika Anda mulai mengalami rasa tidaknyaman atau sakit.

Langkah-langkah melakukan senam statis:
- Tarik nafas dalam-dalam;
- Tahan sebentar;
- Hembuskan seluruhnya;
- Rileks sejenak;
- Ulangi semampunya.

Cukup mudah melakukan senam statis, namun jangan remehkan manfaatnya bagi tubuh. Bonus video melakukan Yoga untuk melemaskan urat-urat lutut, di bawah ini:
Warning: Latihan ini tidak dianjurkan bagi orang yang menderita sakit pinggang parah.

Sumber: Brightside.me

Baca Ini Juga

Loading...

Komentar Anda