Home » Kecantikan» Kesehatan» Ingin Wajah Senantiasa Mulus dan Bebas Jerawat? Ikuti Diet Ini

Ingin Wajah Senantiasa Mulus dan Bebas Jerawat? Ikuti Diet Ini

. . Tidak ada komentar:
Cara agar wajah bersih dan mulus bebas jerawat
Wajah bersih dan mulus (Image by Homeremedysoap.com)
Kebanyakan orang menganggap timbulnya jerawat terkait dengan adanya masalah pada hati atau lambung. Tetapi kenyataannya, kondisi kulit umum ini justru dapat terus berlanjut di usia 20-an, 30-an dan bahkan 40-an. Dalam hal ini, jerawat sebenarnya tidak ada hubungannya dengan masalah pada hati atau perut, jerawat dapat dipicu oleh banyak faktor mulai dari hormon, genetika hingga kebiasaan perawatan kulit Anda sehari-hari. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana agar mendapatkan wajah yang mulus dan bebas jerawat dengan mengikuti aturan diet khusus.

"Jerawat lebih sering disebabkan oleh hormon daripada makan makanan yang salah, namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan glikemik (GI) tinggi dapat semakin memperburuk jerawat," menurut ahli diet - Melanie McGrice, seperti dikutip oleh Daily Mail.

Berhubungan dengan masalah jerawat, karbohidrat bisa menjadi salah satu penyebabnya. "Karbohidrat tinggi merangsang produksi hormon yang disebut faktor pertumbuhan insulin 1, dan juga menyebabkan masalah dengan kadar testosteron dalam aliran darah. Kombinasi keduanya merangsang kelenjar minyak dan juga cenderung membuat kulit menebal menyebabkan penyumbatan dan karenanya, timbullah jerawat, "menurut Dr Grise, seperti dikutip oleh Daily Mail.

Menurutnya, makanan apa pun yang berasal dari biji-bijian seperti roti, pasta, sereal, biskuit dan kue serta produk susu berbasis hewani harus dihindari bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat. Berikut beberapa tahapan bagaimana menjalani diet bebas jerawat seperti yang dikemukakan oleh Dr. Melanie McGrice:

1. Diet rendah glikemik
Seperti yang disebutkan sebelumnya oleh ahli diet Melanie McGrice, makan terlalu banyak makanan dengan GI tinggi dapat memperburuk jerawat. Juga, beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengikuti diet rendah glikemik, atau makanan yang rendah gula sederhana, dapat mencegah atau menyembuhkan masalah jerawat. Dalam studi lain yang diterbitkan di Journal of American Academy of Dermatology, peneliti menemukan bahwa diet rendah glikemik, tinggi protein jika diikuti selama 12 minggu dapat membantu mengekang munculnya jerawat pada pria.

2. Zinc
Studi menemukan bahwa makan makanan yang mengandung zinc dalam jumlah tinggi bisa berguna dalam mencegah dan mengobati jerawat. Makanan yang kaya zinc adalah biji labu, kacang mete, daging sapi, quinoa, miju-miju, kalkun, makanan laut seperti tiram dan kepiting. Zinc adalah mineral makanan yang penting dalam perkembangan kulit serta membantu mengatur metabolisme dan tingkat hormon. Peneliti menyarankan bahwa meningkatkan jumlah zinc dalam makanan hingga 40 mg per hari terbukti dapat membantu mencegah jerawat secara signifikan.

3. Vitamin A & Vitamin E
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cutaneous and Ocular Toxicology, para peneliti menemukan bahwa rendahnya kadar vitamin A dan vitamin E terkait dengan masalah jerawat yang parah. Orang yang memiliki jerawat dapat mengurangi keparahan jerawatnya dengan meningkatkan asupan makanan, yang kaya akan vitamin A dan vitamin E. Makanan yang kaya vitamin A adalah wortel, ubi jalar, selada, melon, dll. Makanan yanh kaya akan vitamin E termasuk almond, bayam, alpukat, ubi jalar, minyak bunga matahari, dll.


4. Asam Lemak Omega-3
Asam lemak Omega-3 adalah jenis lemak sehat yang ditemukan pada tanaman dan sumber protein hewani tertentu, seperti ikan dan telur. Makan lebih banyak asam lemak omega-3 seperti yang ditemukan pada ikan berlemak, biji rami, kenari, biji chia, padi liar (wild rice), telur, dll, dapat membantu menjinakkan peradangan dan mengobati jerawat. Dianjurkan bagi penderita jerawat di wajah atau di tubuh untuk mengonsumsi makanan tinggi asam lemak omega-3 dan ditambah dengan 2000 mg lemak omega-3 per hari.

5. Probiotik
Probiotik ditemukan memiliki kemampuan mengurangi peradangan di usus, yang juga dapat membantu meminimalisir timbulnya jerawat. Menurut sebuah penelitian, mikroflora usus dapat memengaruhi peradangan di seluruh tubuh, yang efeknya dapat menghasilkan jerawat. Menurut hasil penelitian, prebiotik dan probiotik keduanya dapat membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif, yang manfaatnya bisa membantu mencegah jerawat. Tingkatkan asupan probiotik Anda dengan mengonsumsi makanan seperti yogurt tawar, dark chocolate, sup miso, acar, tempe, dll.

6. Minuman jus khusus
Jus akan menginfusi kulit Anda dengan nutrisi yang luar biasa. Jus adalah anti-inflamasi, antioksidan, astringen dan kaya akan fitonutrien yang membantu dalam membangun dan memperbaiki kolagen kulit dan jaringan ikat. Membantu dalam mengurangi terjadinya jerawat dan sekaligus memperbaiki bekas jerawat pada kukit atau bopeng. Jus tersebut seperti misalnya jus brokoli, jus kale, jus tomat, jus pepaya, jus semangka dan jus nanas yang kaya akan sulfur. Sulfur dikenal sebagai anti jerawat ampuh, yang dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah terkait jerawat.

7. Teh Hijau
Teh hijau dikemas dengan antioksidan alami yang dapat mencegah jerawat. Teh hijau kaya akan katekin, yang memiliki sifat anti mikroba dan membantu menghancurkan bakteri penyebab jerawat. Teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh peradangan akibat jerawat. Ketidakseimbangan tingkat hormon yang sering menyebabkan jerawat dapat diatur dengan minum teh hijau, ini terutama penting sekali bagi para penderita jerawat. Antioksidan yang trrdapat dalam teh hijau juga membantu menghindari bekas luka atau bopeng yang sering membekas karena jerawat.

Tips tambahan agar senantiasa bersih dan bebas jerawat

1. Orang yang menderita jerawat harus menghindari makan makanan manis, makanan yang diproses seperti minuman bersoda, sereal yang bergula, hit chips dan roti putih.

2. Hati-hati terhadap produk susu yang dapat memperburuk kulit Anda seperti susu sapi.

3. Kurangi masalah jerawat dengan membatasi karbohidrat dan produk susu berbasis hewani atau lebih baik dihilangkan sama sekali.
Loading...

Komentar Anda