Home » Kesehatan» 9 Manfaat Mengejutkan Air Tebu yang Belum Banyak Diketahui

9 Manfaat Mengejutkan Air Tebu yang Belum Banyak Diketahui

. . 1 komentar:
Air tebu
Air tebu (Image source; Shutterstock.com)
Air tebu atau biasa orang menyebutnya dengan sari tebu merupakan salah satu minuman khusus dari ekstrak perasan pohon tebu yang mana sampai hari ini masih menjadi kegemaran masyarakat lokal hingga internasional. Selain rasanya yang manis alami dan menyegarkan, air tebu ternyata juga menyimpan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh, berikut beberapa diantaranya:

1. Memaksimalkan Kesehatan Otak
Air tebu secara klinis diketahui mengandung karbohidrat yang mana manfaatnya sangat bagus untuk menjaga dan memaksimalkan kesehatan otak.

“Otak hanya dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi. Di sisi lain, otak hanya memiliki sedikit cadangan energi. Untuk itu ketersediaan glukosa secara konstan harus tetap dijaga,” kata Prof.Made Astawan, ahli pangan dari IPB.

Dalam hal ini glukosa dapat diperoleh dari bahan alami termasuk seperti dalam air tebu (yang mengandung sukrosa). Dengan begitu, meminum sari tebu secara teratur akan sangat bagus untuk otak.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan sukrosa alami pada air tebu juga berkhasiat untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Lebih lanjut, air tebu dapat pula menjaga kesehatan mata, ginjal, jantung dan lambung.

3. Mencegah Penyakit Kanker
Secara alami air tebu sangat kaya akan antioksidan dan zat alkali yang diketahui dapat mencegah kanker usus, kanker payudara, besar serta kanker paru-paru. Mengonsumsi air tebu segar secara umum dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker.

4. Memperkuat Kesehatan Gusi dan Gigi
Tebu mengandung jumlah tinggi mineral yang sangat efektif untuk mencegah kerusakan pada gigi. Di samping itu, mineral yang ada dalam tebu juga terbukti dapat mengatasi bau mulut yang tidak sedap

5. Membantu Penyembuhan Penyakit Kuning
Air tebu juga mampu membantu mempercepat pemulihan bagi penderita penyakit kuning. Hal ini dikarenakan air tebu dspat membantu mengatur kadar bilirubin, yang juga bisa melindungi risiko kerusakan pada hati.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah
Seperti yang kita ketahui meski air tebu memiliki rasa yang manis, tapi manis pada tebu berbeda dengan gula olahan, dimana air tebu memiliki jumlah indeks glikemik yang sangat rendah. Dengan rendahnya tingkat glikemik tersebut, justru hal ini efeknya tidak akan memengaruhi naiknya kadar gula darah. Namun sebaliknya, air tebu bisa mengontrol kadar gula darah normal.

7. Mencegah Terjadinya Infeksi
Seseorang yang memiliki riwayat penyakit diabetes memiliki kemungkinan lebih besar terserang penyakit yang disebabkan karena infeksi. Hal ini dikarenakan ketika penderita diabetes mengalami luka atau penyakit tertentu, penyembuhannya akan memakan waktu yang relatif lama. Anda dapat meminum air tebu segar tanpa dicampur apapun untuk membantu  proses pencegahan serta penyembuhannya.

8. Meregenerasi Sel yang Rusak
Proses regenerasi sel sangat penting dalam membantu pembentukan, penyembuhan, dan perbaikan jaringan yang rusak. Nah, tahukah Anda sel-sel yang terdapat dalam tubuh manusia secara alami mengalami kematian pada tingkat hingga miliaran per hari baik karena nekrosis, kematian sel akibat kerusakan, cedera, atau melalui apoptosis.

9. Memperlambat Penyerapan Gula
Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi air tebu ini adalah memperlambat proses penyerapan gula dalam darah.  Dengan meminum air tebu segar, kadar gula dalam darah akan tetap terjaga kestabilannya.
Loading...

Komentar Anda


Aceng Ardiyansah mengatakan:

saya baru tau kalo air tebu bisa di gunakan untuk kesehatan dan mencegah penyakit.. wow mantep artikelnya sangat membantu kk nice artikel...

kalo ada waktu mampir ya kk he...
Klinik Kecantikan Jakarta
Digitalnusa