Home » Kesehatan» Ramuan Herbal» 6 Cara Mudah Namun Efektif Bersihkan Plak Gigi Secara Alami

6 Cara Mudah Namun Efektif Bersihkan Plak Gigi Secara Alami

. . Tidak ada komentar:
Selain ibadah, senyum yang indah juga bisa memberikan daya tarik tersendiri bagi seseorang. Namun masalah seperti gigi kuning atau plak yang mengerak pada gigi seringkali membuat seseorang malu membuka bibirnya dengan senyum yang ditahan-tahan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan yang gigi menjadi kotor dan dilapisi plak yang membandel sehingga menggosok gigi seperti biasa saja tidak cukup, misalnya merokok, terlalu banyak paparan kafein, dan perawatan gigi yang tidak teratur. Kebiasaan sehari-hari yang tampaknya tidak berpengaruh seperti makan yang manis-manis, berminyak, mengandung tepung juga bisa menyebabkan masalah plak gigi. Jika Anda ingin cara alternatif yang lebih murah dan alami namun efektif untuk menghilangkan plak pada gigi Anda, maka enam cara berikut ini patut Anda coba sekaligus:

1. Bubuk soda kue
Cara membersihkan plak gigi dengan soda kue
Bubuk soda kue
Soda kue dapat digunakan sebagai scrub alami dan sering digunakan dalam banyak obat. Campurkan satu sendok makan soda kue dengan sedikit garam dan cukup celupkan sikat gigi yang basah ke dalam campuran dan gosok gigi seperti biasa.

2. Lidah Buaya dan Gliserin
Cara membersihkan plak gigi dengan lidah buaya
Lidah buaya
Untuk membuat pasta gigi alami yang lebih kuat khasiatnya, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:

- Satu cangkir air
- 1/2 cangkir soda kue
- Satu sendok teh jel lidah buaya
- 4 sendok teh gliserin sayur (vegetable glycerine)
- Satu sendok teh minyak esensial lemon

Bahan-bahan di atas dicampur menjadi satu dan aduk-aduk sampai merata. Sikat gigi Anda menggunakan campuran ini dan Anda bisa langsung melihat perbedaannya gigi terlihat menjadi lebih putih, lebih berkilau, dan lebih sehat.

3. Kulit jeruk
Cara membersihkan plak gigi dengan kulit jeruk
Kulit jeruk
Setelah Anda selesai makan jeruk, gosokkan kulitnya pada gigi Anda. Kulit jeruk akan membantu memutihkan gigi dan sekaligus membantu menghindari noda dan mengusir bakteri. Setelah selesai menggosok selama beberapa menit, bilas dengan air atau berkumur-kumur.

4. Biji Wijen
Cara membersihkan plak gigi dengan biji wijen
Biji wijen
Anda dapat mengambil beberapa biji wijen, mengunyahnya selama beberapa menit dan mengeluarkannya sebagai salah satu cara mudah membersihkan gigi dan secara lembut menghilangkan plak gigi. Selanjutnya, gunakan sikat kering (tanpa pasta gigi) untuk membersihkan biji-biji yang masih tersisa. Anda juga dapat menggunakannya sebagai scrub untuk menghilangkan noda dari gigi Anda.

5. Masker Vitamin Gigi
Cara membersihkan plak gigi dengan masker vitamin gigi
Campuran vitamin buah-buahan
Menumbuk sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C adalah cara cepat dan mudah untuk membuat pasta gigi alami guna mencegah terjadinya plak pada gigi. Cukup tumbuk bersamaan tomat, stroberi, dan jeruk lalu tempelkan pastanya pada gigi Anda. Tunggu 5-6 menit lalu bilas. Ini akan membantu menghancurkan bakteri apa pun di mulut dan sekaligus menyegarkan napas Anda. Artikel berkaitan: Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

6. Ramuan Cuka
Cara membersihkan plak gigi dengan ramuan cuka
Cuka
Meski rasanya tidak terlalu enak di mulut, tetapi ramuan ini 100% alami dan ampuh untuk membersihkan gigi tanpa menyebabkan kerusakan, adapun bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

- 2 sendok makan cuka
- 1 sendok teh garam
- 4 ons air bersih

Campur semua bahan, gunakan untuk menggosok gigi, lalu bilas dan ulangi selama beberapa hari untuk hasil yang optimal.

Somoga bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa bagikan tips ini kepada keluarga, teman atau siapapun yang membutuhkannya. Salam...
Loading...

Komentar Anda