Home » Kesehatan» 10 Tips Menurunkan Berat Badan Bagi yang Malas Olahraga

10 Tips Menurunkan Berat Badan Bagi yang Malas Olahraga

. . Tidak ada komentar:
Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga
Metode hot compress untuk menghilangkan lemak
Memiliki tubuh yang ramping ideal dan bugar adalah keinginan demua orang, terutama para kaum wanita. Namun pada kenyataannya, banyak sekali diet yang kita coba justru terasa menyiksa, dan efeknya pun bisa hilang dengan cepat setelah kita kembali ke pola makan seperti biasanya. Selain itu, dengan dinamika irama kehidupan dan semua rutinitas pekerjaan yang kita lakukan, hampir tidak bisa lagi memikirkan tentang olahraga.

Tapi jangan sampai putus asa, banyak jalan menuju Roma. Jika Anda ingin berat badan turun tapi terkendala atau memang malas untuk berolahraga, ada cara alternatif cukup ampuh yang bisa Anda lakukan. Tak perlu susah payah berolahraga, menjalani diet ketat, atau mengonsumsi pil pelangsing badan, Anda tetap bisa menurunkan berat badan dengan melakukan 10 tips berikut ini:

1. Jangan lupa minum sebelum makan
Air adalah kebutuhan vital makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Tetapi Anda mungkin belum pernah terpikirkan betapa bermanfaatnya bagi metabolisme jika meminumnya pada saat yang tepat. Seperti dianjurkan oleh para ahli, minumlah 1-2 gelas air putih 30 menit sebelum setiap makan. Dengan cara ini, proses metabolisme akan bekerja secara lebih optimal. Perut kita akan sebagian terisi sebelum makan, dan hal ini dapat membantu untuk makan lebih sedikit. Minum air putih sebelum makan juga akan mengurangi keinginan ngemil, yang merupakan salah satu penyebab kenaikan berat badan cepat.

2. Perhatikan apa yang Anda makan
Jadikan makan sebuah ritual kecil, maksudnya adalah fokus saat makan. Duduklah di meja, jangan terburu-buru, jangan mencoba melakukan banyak tugas, tidak memikirkan masalah kehidupan, tidak menonton TV, dan tidak berbicara di telepon. Cukup hanya Anda dan makanan Anda saja. Perhatikan apa yang Anda makan dan bagaimana Anda melakukannya. Cara ini akan membantu untuk menikmati rasa makanan secara lebih jelas dan makan lebih sedikit. Makanlah selambat mungkin, kunyah perlahan dan santai.

3. Gunakan piring yang lebih kecil dan sumpit
Untuk menghindari makan secara berlebihan, ambillah piring yang lebih kecil dan makanlah hanya sesuai pada porsinya saja. Saat menggunakan sumpit, kita makan lebih lambat, dan ini juga akan membantu kita merasa kenyang dengan lebih sedikit makanan. Jika Anda memiliki masalah dengan sumpit, gunakan saja sendok kecil atau tangan Anda yang tidak dominan.

4. Tidur yang cukup
Logikanya adalah jika tidur, maka kita tidak makan. Selain itu, tidur malam yang nyenyak juga memiliki dampak besar pada metabolisme yang baik dan kadar hormon tepat guna membantu Anda tetap bugar. Meski tidak melakukan apa-apa, saat tidur tubuh juga akan membakar antara 50 dan 100 kalori per jam.

5. Tidur dalam ruangan dingin
Yang harus Anda lakukan di sini adalah mematikan thermostat atau membuka jendela. Penelitian dari National Institutes of Health mengatakan bahwa tidur dengan suhu 19 ° C (66 ° F) membantu tubuh menyingkirkan kalori karena membakar lemak untuk mempertahankan suhunya.

6. Konsumsi makanan pembakar lemak
Dalam hal ini Anda tidak perlu menyingkirkan menu makanan yang biasanya. Cuma kita perlu mendiversifikasi menu dengan salmon, telur, kacang, minyak zaitun, cabai, dan teh hijau. Kesemua makanan-makanan tersebut membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak lebih efisien. Bahkan aroma jeruk atau peppermint saja dapat mengurangi selera makan kita, jadi jangan mengabaikannya ya.

7. Jangan terlalu membatasi diri
Jika Anda ingin makan kue atau cokelat, makan saja. Hanya saja porsinya dikurangi menjadi satu, jika biasanya 3 atau 5 batang, dan memakannya di pagi hari agar memiliki cukup waktu untuk membakar semua kalori di siang harinya. Membatasi diri atau membuat larangan ketat tidak baik karena menyebabkan stres dan, akibatnya, tingkat hormon jahat meningkat lebih tinggi. Ada unsur sains dalam hal ini.

8. Menggosok Gigi
Umumnya orang menggosok giginya sebanyak dua kali sehari, jadi secara tidak langsung ini sudah merupakan kebiasaan kita sehari-hari. Biasakanlah untuk menyikat gigi setiap habis makan. Hal ini berguna untuk mencegah rasa keinginan makan lagi atau ngemil. Alasannya pertama, karena makanan tidak terasa begitu lezat ketika ada rasa mentol di mulut. Kedua, karena kita terlalu malas untuk menggosok gigi beberapa kali setiap kali makan, nah ini merupakan trik psikologinya.

9. Tertawalah
Saya menyukai komedi yang bikin ketawa dan begitu pula dengan Anda bukan?. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity, ketika kita tertawa, pengeluaran energi kita meningkat hingga 20% dibanding saat diam. Selain itu, tertawa juga membuat otot-otot perut kita berolahraga. Jika Anda ingin tertawa, maka tertawalah tidak perlu malu atau ditahan-tahan (asalkan sesuai pada tempat dan kondisinya).

10. Gunakan kompres panas (hot compress)
Berikut ini adalah satu metode untuk membantu menurunkan berat badan saat kita sedang menonton TV atau membaca buku. Pemanasan membuat tubuh berkeringat, sehingga cairan yang tidak diperlukan di tubuh akan dibuang. Gunakan kompres panas jika Anda ingin mengubah ukuran pada bagian-bagian tertentu dari tubuh Anda. Di antara yang paling populer adalah kompres garam atau jahe. Untuk meningkatkan efek dan menjaga kompres lebih lama, Anda bisa menggunakan bantuan pengering rambut.
Loading...

Komentar Anda