Home » Lokal» Pengetahuan Umum» Solusi Alternatif Jika Anda Gagal di Ujian SNMPTN

Solusi Alternatif Jika Anda Gagal di Ujian SNMPTN

.
Halaman website pendaftaran SBMPTN
Halaman website pendaftaran SBMPTN
Solusi Gagal Tes SNMPTN - Pada hari Selasa 17 April 2018 kemarin, tepat pukul 17.00 WIB laman resmi http://pengumuman.snmptn.ac.id/ secara serempak mulai mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bagi seluruh peserta yang mengikuti ujian. Jika pada aturan sebelumnya hanya bisa dilihat perhitungan mundur pengumuman, para peserta kini dapat memantau langsung hasil dengan mengikuti setiap tahapannya.

Melalui laman website tersebut para peserta hanya perlu mengisi dua hal penting, yaitu nomor pendaftaran SNMPTN serta tanggal kelahiran. Tahap berikutnya peserta hanya tinggal mengklik tombol "Lihat Hasil Seleksi" untuk mengetahui hasilnya secara langsung tanpa ribet.

Selain melalui halaman website resmi SNMPTN, hasil pengumuman kelukusan juga bisa diakses lewat tautan alternatif langsung ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masing-masing yang dituju. Namun sayangnya, dari total 85 PTN yang ambil bagian dalam mengikuti SNMPTN, baru 12 PTN saja yang menyediakan hasil pengecekan data hasil secara daring. Adapun PTN yang telah memberikan akses daring untuk memantau langsung hasil SNMPTN tersebut antara lain:

http://snmptn.its.ac.id Institut Teknologi Sepuluh Nopember
http://snmptn.unand.ac.id Universitas Andalas
http://snmptn.unsri.ac.id Universitas Sriwijaya
http://snmptn.ui.ac.id Universitas Indonesia
http://snmptn.unsyiah.ac.id Universitas Syiah Kuala
http://snmptn.ipb.ac.id Institut Pertanian Bogor
http://snmptn.itb.ac.id Institut Teknologi Bandung
http://snmptn.undip.ac.id Universitas Diponegoro
http://snmptn.ugm.ac.id Universitas Gadjah Mada
http://snmptn.unair.ac.id Universitas Airlangga
http://snmptn.unhas.ac.id Universitas Hasanuddin
http://snmptn.untan.ac.id Universitas Tanjungpura

Bagi para peserta yang dinyatakan belum lulus Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) yang telah diumumkan hasilnya dua hari lalu masih busa mengikuti jalur alternatif lain lewat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pendaftaran secara online ujian tulis berbasis cetak (UTBC) serta ujian tulis berbasis komputer (UTBK) akan dimulai pada tanggal 5 April 2018 tepat pukul 08.00 WIB hingga 27 April 2018 pukul 22.00 WIB. Terkecuali untuk pendaftaran online UTBK akan ditutup sewaktu-waktu jika jumlah kuota telah terpenuhi.

Berikut adalah tahapan untuk melakukan pendaftaran SBMPTN secara online:
  • Silakan buka halaman website resmi https://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  • Selanjutnya masuk "Halaman untuk Memperoleh KAP dan PIN SBMPTN 2018"
  • Pada tahap ini peserta diminta untuk mengisi nama lengkap sesuai ijazah. Lakukan pengisian secara hati-hati karena jika sampai terjadi kesalahan proses, maka tidak dapat lagi diubah atau diperbaiki.
  • Setelah pengisian dilakukan dengan baik dan dengan benar, silakan klik tombol "Daftar", lalu akan muncul informasi slip pembayaran yang dilakukan. Jangan lupa pula agar menyimpan slip pembayaran yang sudah diterima sebagai bukti nantinya.
  • Langkah berikutnya adalah melakukan pembayaran melalui bank-bank yang telah ditunjuk. Peserta diberi batas waktu 3 x 24 jam untuk melunasi pembayaran terhitung sejak pertama kali slip pembayaran diterima.
  • Setelah pembayaran selesai dilakukan, peserta bisa mengakses kembali halaman website https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dan memilih "Menu B".
  • Di sini peserta diminta mengisi kode KAP dan PIN yang sudah diterima sebelumnya.
  • Setelah itu, peserta akan masuk ke laman "Pendaftaran SBMPTN 2018" serta diminta mengunggah foto dan mengisi sejumlah data yang dibutuhkan, mulai dari nomor induk siswa nasional (NISN), nomor induk kependudukan (NIK), alamat, dan data lainnya.
  • Jika seluruh data telah diisi dengan benar, silakan klik tombol "simpan".
  • Terakhir, peserta dapat melakukan pilihan PTN, program studi, dan tempat ujian yang dikehendaki.
  • Tahap selanjutnya, peserta akan mengikuti ujian tulis UTBC atau UTBK yang dilaksanakan pada 8 Mei 2018. Peserta juga diwajibkan mengikuti ujian keterampilan yang dilaksanakan pada 9 dan 11 Mei 2018. Hasil ujian akan diumumkan pada Selasa, 3 Juli 2018, mulai pukul 17.00 yang bisa diakses melalui halaman website http://pengumuman.sbmptn.ac.id.
Loading...