Home » Kesehatan» Ramuan Herbal» Ini Cara Alami Obati Jerawat yang Cocok untuk Remaja dan Dewasa

Ini Cara Alami Obati Jerawat yang Cocok untuk Remaja dan Dewasa

.
Cara alami mengobati jerawat
Wajah berjerawat
Jerawat adalah masalah kulit akibat tersumbatnya kelenjar sebaceous sehingga menyebabkan peradangan pada daerah yang terkena. Seringkali hal itu disebabkan karena perubahan jaringan kelenjar yang terjadi selama masa remaja, ditambah dengan diet atau pola makan yang salah. Ketegangan saraf juga bisa terjadi yang akan semakin memperburuk kondisi. Usia produktif baik remaja maupun dewasa rentan mengalami jerawat jika tidak menjaga pola hidup yang sehat.

Ilmu pengobatan alami atau herbalisme menawarkan solusi praktis namun cukup efektif untuk masalah jerawat serta meringankan kelenjar dan akhirnya dapat menyembuhkan jerawat itu sendiri. Adapun bahan ramuan obat yang digunakan meliputi  echinacea, akar burdock, akar bunga dandelion dan semanggi merah. Semuanya dicampur dalam jumlah yang sama, yaitu 1oz (25g) campuran direbus dalam 1 1/2 gelas (0,75 liter) air selama lima belas menit. Setelah itu ramuan didinginkan dan disaring. Minum ramuan dengan dosis gelas anggur dalam tiga atau empat kali sehari. Selain itu, disarankan pula mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatan hati dan kelenjar limfa, misalnya Akar blue flag (bunga iris biru), barberry bark (berberis vulgaris) dan chickweed (bandotan). Sepertinya agak susah ya untuk mendapatkan bahan-bahan ramuannya? Tidak juga, karena semua yang disebutkan di sini sudah bayak dijual secara online.

Selain itu, tisane (minuman herbal) bunga kamomil atau bunga jeruk nipis, infusa lavender (bunga, daun dan tangkainya) juga bisa dikonsumsi sebagai obat saraf menenangkan dan juga digunakan sebagai lotion untuk kulit berminyak. Tambahkan segenggam tangkai segar atau sekitar ½ oz (10g) bunga ke dalam 1 liter (0,5 liter) air mendidih, tutup rapat dan biarkan meresap selama sepuluh menit. Saring, minum pagi serta menjelang tidur. Gunakan pula untuk membasuh kulit dua atau tiga kali sehari. Lotion atau krim bunga marigold (gemitir) juga baik untuk kulit berminyak. Infusa bunganya yang sudah tua juga terbukti ampuh sebagai tonik kulit. Alternatif lain bisa menggunakan daun Comfrey yang telah dimasak dengan air selama sepuluh menit, kemudian disaring dan didinginkan. Daunnya lalu ditempelkan ke kulit untuk memberikan efek menenangkan dan penyembuhan.

Jangan biasakan memencet-mencet atau meremas kulit berjerawat terlalu keras, jaga selalu kebersihan dan hindari menggunakan sabun yang tidak cocok dengan kulit. Gunakan sedikit make-up dan tonjolkan sisi alamiah Anda.

Diet atau pola makan juga harus mencakup banyak salad segar (terutama selada air, peterseli, daun dandelion muda dan wortel mentah parut setiap hari), sayuran dan buah segar, serta biji-bijian utuh (gandum utuh, beras merah, dll). Kurangi makan-makanan manis, coklat, gorengan, tepung putih dan produk gula putih. Vitamin B kompleks, vitamin A dan vitamin E semuanya diperlukan untuk kulit yang sehat. Tablet zinc juga diketahui efektif untuk membersihkan beberapa kasus jerawat.

Minyak biji gandum dapat digunakan untuk menyembuhkan bekas jerawat: gunting kapsul dan oleskan minyaknya pada wajah. Penggunaan setiap hari secara bertahap akan meningkatkan penyembuhan.

Keterangan: Infusa adalah hasil ekstraksi cair yang dibuat melalui proses penyarian simplisia nabati dengan air pada suhu 90 derajat celcius selama 15 menit.
Loading...