Home » Blogging» Cara Setting Domain dari 1and1 dengan Blogger.com (Updated)

Cara Setting Domain dari 1and1 dengan Blogger.com (Updated)

.
Setelah surfing internet cukup lama untuk menemukan tutorial cara setting atau mengatur domain dari registrar 1and1.com dengan blogger, ternyata tidak satupun saya temukan tutorial yang update dan work jika diterapkan sesuai petunjuk arahan, baik artikel yang berbahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia.

Kebanyakan artikel-artikel tersebut ditulis antara tahun 2012 hingga 2015, yang isinya sudah tidak uptodate lagi. Sementara dashbord halaman 1and1.com sudah mengalami banyak perubahan. Blogger pemula yang mengikuti tutorial lama tersebut dipastikan akan mengalami kesulitan dan gagal untuk menghubungkan blogspotnya dengan custom domain dari 1and1.com. Oleh karena itu, di artikel ini saya akan memberikan tutorial update terbaru bagaimana cara setting dan menghubungkan domain dari 1and1 dengan blogger.com yang benar.

Langsung saja ya kawan-kawan, pertama-tama silakan masuk dulu ke halaman Setelan -> Dasar Blogger yang ingin dikostum domain. Seperti biasa, kalian klik link + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda, tambahkan alamat domain tld yang ingin kamu integrasikan, misalnya www.blogramai.com dan klik Simpan. Selanjutnya akan muncul kesalahan seperti gambar di bawah ini:
Error custom domain blogger
Error custom domain blogger
Oke, sekarang kita sudah mendapatkan dua buah CNAME dari blogger yang perlu kita masukkan nilainya ke pengaturan DNS di kontrol panel 1and1.com. Nah, pada bagian inilah yang seringkali membuat bingung blogger pemula karena user interface-nya agak berbeda dari kebanyakan dan ada sedikit perbedaan pula untuk pengaturan A record alamat IP blogger nantinya.
Halaman pengaturan DNS 1and1.com
Halaman pengaturan DNS 1and1.com
Langkah selanjutnya, masuk ke halaman dashboard kontrol panel 1and1.com. Klik menu Domains, lalu pada halaman yang terbuka, klik Use Your Domain, klik DNS, dan akan terbuka halaman untuk pengaturan DNS record yang diperlukan oleh blogger. Klik Add record, lalu Type pilih CNAME, masukkan data-data yang diberikan oleh blogger. TTL-nya biarkan default 1 hour. Setelah memasukkan CNAME, satu lagi langkah penting yang tidak boleh terlewatkan, yaitu memasukkan IP A (Address) record default blogger, yaitu 216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21, 216.239.38.21. Nah, pada pengaturan inilah yang agak berbeda dari registrar lain pada umumnya.

Klik Add record, Type pilih A, Host Name dikosongkan (jangan diisi), Value isi alamat IP Address blogger di atas, klik Disable DNS record for www, baru kemudian klik Save. Ulangi pada IP Adrress lainnya dengan cara yang sama. Jika sudah selesai, hasil akhir pengaturannya akan tampak seperti gambar di bawah:
Pengaturan DNS blogger
Pengaturan DNS blogger
Istirahat sejenak kurang lebih selama 10 menit, bertujuan memberikan tenggat waktu antara 1and1 dan Blogger untuk mengenali perubahan yang sudah kita lakukan. Baru kemudian kita beralih lagi ke halaman Setelan -> Dasar blogger dan klik Simpan. Penting, jangan sampai lupa untuk menyentang Alihkan domainkamu.com ke www.domainkamu.com, fungsinya agar tidak terjadi error manakala ada user yang memasukkan alamat domain kita tanpa disertai www.
Loading...