Home » Kesehatan» Ramuan Herbal» Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Stress dengan Teh Lavender

Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Stress dengan Teh Lavender

. . Tidak ada komentar:
Bunga lavender
Bunga lavender
Sakit kepala akibat stres ditandai dengan adanya suatu beban yang berpusat di sekitar dahi dan otot leher terasa sangat tegang tergantung dari intensitas stres yang dialami. Rasa sakitnya tetap, dan kadang-kadang disertai dengan otot seperti berdenyut-denyut.

Perawatan sakit kepala akibat stres bisa dilakukan dengan tindakan pencegahan dan perubahan gaya hidup. Saat Anda sedang stres, mungkin tanpa sadar otot-otot tubuh akan menjadi menegang, termasuk yang paling berpengaruh di bagian dahi dan leher. Dengan memerhatikan gejala awalnya, Anda dapat mengobati sakit kepala tersebut dengan segera sebelum terlanjur menjadi buruk.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi sakit kepala akibat stres adalah dengan penggunaan minyak esensial. Minyak esensial bersumber dari ekstrak alami tanaman, dan dikatakan  mengandung tingkat energi sangat tinggi yang bagus untuk tubuh. Tingkat energi tersebut kemudian ditransfer ke orang yang menggunakannya.

Minyak atsiri misalnya, memiliki banyak kandungan sifat alami yang berguna seperti antibakteri, antivirus, merilekskan tubuh, antijamur, detoksifikasi, dan banyak lagi. Sewaktu-waktu jika Anda mengalami sakit kepala karena stres, cobalah salah satu pengobatan alternatif berikut ini:

Menghirup Uap Bunga Lavender
Salah satu cara untuk mengatasi sakit kepala akibat stres adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender atau daun kemangi untuk mandi. Anda juga bisa cukup dengan menghirup uapnya saja dengan cara berikut.

Tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke semangkuk air panas. Dengan handuk besar, pergunakanlah untuk menutup kepala dan mangkuk dengan. Kemudian Anda hirup uap dari mangkuk tersebut. Hati-hati ya, jangan sampai menjatuhkan atau memecahkan mangkuknya. Hirup uap bunga lavender tersebut selama sekitar lima menit. Anda akan merasa langsung santai, dan wajah juga akan terlihat direvitalisasi.

Kompres Teh Lavender
Lavender juga bisa dibuat menjadi kompres dan dioleskan ke leher atau dahi untuk meningkatkan relaksasi tubuh dan pikiran.

Bahan:
1 sendok teh bunga lavender
1 gelas air mendidih
1 buah handuk tangan

Instruksi
Masukkan bunga lavender ke dalam air mendidih, biarkan beberapa saat sampai menjadi hangat atau agak dingin. Saring cairannya, lalu rendam handuk tangan di dalamnya. Peras dan oleskan handuk di daerah yang terkena, semisal di bagian leher atau kepala.

Teh Penghilang Stress

Bahan:
1 sendok teh bunga kamomil
1/2 sdt daun kemangi (bisa dari yang sudah dikeringkan)
1/4 sdt kelopak mawar
1/8 sdt kulit jeruk
1 gelas air mendidih

Instruksi
Blender semua bahan menjadi satu. Tuang air mendidih ke dalamnya. Tutup dan biarkan rendaman selama 20 menit. Saring ramuan dari ampasnya, dan minum dalam kondisi hangat atau dingin sesuai selera. Direkomendasikan agar minum 3 hingga 4 cangkir setiap hari saat Anda merasa stres.

Cukup simpel bukan?. Sekarang Anda tidak perlu berlama-lama lagi, jika merasa ada gejala akan mengalami sakit kepala akibat stres, otot tegang, dahi terasa berat seperti ada energi beban pikiran, segera lakukan tindakan atau upaya pengobatan seperti yang dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.
Loading...

Komentar Anda