Home » Kesehatan» Ramuan Herbal» Segudang Manfaat Susu Sebagai Obat, Dilengkapi Cara Membuatnya

Segudang Manfaat Susu Sebagai Obat, Dilengkapi Cara Membuatnya

.
Susu segar
Susu segar
Minum segelas susu murni setiap hari dapat membantu menguatkan gigi, tulang serta memperbaiki kesehatan kulit, rambut dan kuku. Bukan hal baru lagi bahwasanya susu juga menyediakan sejumlah vitamin dan mineral yang membantu pertumbuhan, membangun tulang, dan baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun masih tak banyak tahu, ternyata kita juga dapat memanfaatkan susu untuk hal lainnya. Misalnya untuk membuat obat-obatan ptaktis di rumah.

Adapun susu juga dapat digunakan sebagai pengobatan langsung untuk flu, batuk, meredakan sakit tenggorokan, masker wajah, pelembut rambut, mengurangi rasa panas dalam perut, dan masih banyak lagi yang lainnya. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Pengobatan flu atau masuk angin: Rebus susu sampai agak mendidih, tambahkan 3 buah ara kering. Campurkan bahan sampai merata saat sudah dingin dan minum.

2. Batuk kering: Campur setengah cangkir susu panas dengan setengah cangkir air soda dingin. Seduh perlahan.

3. Sebagai obat flu biasa dan menguatkan sistem kekebalan tubuh: Siapkan susu dan kunyit. Campur 1 cangkir susu dengan 1 sendok teh bubuk kunyit, 2 merica hitam, 2 kapulaga, sepotong jahe cincang dan sedikit kuma-kuma (saffron). Panaskan campuran selama 2-3 menit (Anda bisa mempermanis dengan menambahkan madu, sirup atau gula). Biarkan campuran menjadi dingin, saring dan minum.

4. Untuk sakit tenggorokan: Campurkan 4 kuning telur dengan 6 sendok makan madu. Tuangkan campuran ini susu panas secukupnya dan aduk rata. Saat meminum obat, disarankan untuk menahannya sedikit di tenggorokan sebelum ditelan sepenuhnya.

5. Pengobatan untuk mendengkur: Cukup setengah cangkir susu sebelum tidur bisa mengurangi terjadinya mendengkur.

6. Masker Wajah Kerut: Campur satu sendok teh susu, satu sendok teh jus jeruk segar, satu sendok teh madu, satu sendok teh minyak zaitun dan kuning telur. Tambahkan ke dalam campuran dua sendok makan biji oatmeal dan tunggu 20 menit agar bahan menyatu. Oleskan pada wajah dan tunggu sampai masker mengering. Cuci masker pakai air hangat lalu keringkan perlahan menggunakan handuuk lembut.

7. Membersihkan wajah dari kotoran: Tuangkan susu ke dalam mangkuk bersih. Rendam kapas di dalam mangkuk dan lap wajah hingga leher. Biarkan susu mengering lalu bilas.

8. Perawatan kondisiener Rambut: Isi botol semprot bersih dengan susu dan semprotkan dengan perlahan pada rambut. Sisir rambut, tunggu 30 menit lalu cuci seperti biasa.

9. Pengobatan insomnia: Minum segelas susu hangat sebelum tidur rutin setiap hari.

10. Mengobati perut mulas: Cukup minum segelas susu dingin.

11. Pengobatan luka bakar: Rendam daerah yang terkena dengan susu selama 15 menit atau cukup tempelkan kain bersih yang sudah direndam dengan susu. Lemak dalam susu akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Setelah 24 jam, basuh bagian ini secara lembut dengan sabun dan air bersih. Setelah itu diperban dengan kain atau baham lain yang tidak berbahaya.

Air Susu Ibu (ASI) untuk Bayi
1 Infeksi telinga: teteskan sedikit ASI di telinga bayi yang merasakan nyeri dan pembengkakan.

2. Infeksi mata dan mata bengkak: tetesi mata yang terinfeksi 3-4 tetes, tiga kali sehari. ASI memiliki khasiat anti inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan.

3. Infeksi jamur dan ruam popok: Oleskan sedikit susu ke dasar bokong bayi untuk mencegah dan mengobati infeksi jamur dan ruam popok.

4. Baby Acne: Tetesi sedikit susu di wajah yang terkena jika bayi mengalami jerawat. Selain untuk bayi, ini juga merupakan solusi efektif untuk jerawat pada remaja. Lakukan dua kali sehari.

5. Sunat: Setelah Khitanan, oleskan sedikit susu ke area yang terluka untuk meningkatkan dan mempercepat proses penyembuhan.

6. Demam & Flu: Susu Ibu memberikan antibodi yang bisa melawan flu, Bila bayi Anda demam, dianjurkan untuk menyusuinya sebanyak mungkin.

7. Hidung mampet: gunakan semprotan kecil, isi dengan beberapa air susu ke setiap lubang hidung. Ini akan membantu melonggarkan hidung yang tersumbat pada bayi Anda.

8. Mengurangi panas: ASI memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi serta menjaga agar tidak mengalami dehidrasi.

9. Ruam dan alergi pada kulit: cipratkan sedikit susu pada ruam alergi untuk mengobatinya dan juga untuk mencegah penyebarannya.

10. Sengatan lebah: ASI bisa mengurangi rasa gatal, nyeri dan bengkak pada sengatan lebah.

11. Luka tergores: Cipratkan sedikit susu pada goresan luka atau bungkus dengan perban yang direndam dengan susu.

12. Insomnia: ASI melepaskan hormon yang membantu bayi tertidur dengan lebih mudah dan tidur nyenyak di malam hari.

13. Cacar air: susu dapat membantu meringankan rasa gatal dan menyembuhkan luka.

14. Sembelit: Bayi yang menyusui biasanya tidak mengalami konstipasi.

15. Sunburn: susu efektif untuk mengobati efek sengatan sinar matahari, memiliki efek obat yang sama seperti lidah buaya.

16. Kutil: Tempelkan kompresan air susu ibu pada kutil setiap hari, untuk membantu mengeringkannya.

17. Perawatan kulit kering: ASI membantu memberi nutrisi dan melembutkan kulit. Gosok lah kulit bayo dengan kain lembut yang sudah direndam dengan ASI, atau bisa juga dengan menambahkan segelas susu ke dalam bak mandi.

18. Bibir pecah-pecah - Oleskan sedikit susu jika bibir bayi mengalami pecah-pecah.
Loading...