Home » Kesehatan» Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Beragam Problem Penyakit

Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Beragam Problem Penyakit

. . Tidak ada komentar:
Kunyit atau kunir
Kunyit atau kunir
Kunyit atau kunir, rempah yang berwarna jingga kekuningan ini telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun dan dianggap sebagai salah satu tanaman obat yang paling populer dan paling efektif. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi kunyit setiap hari dapat membawa manfaat kesehatan yang besar pada sistem pernapasan, saluran pencernaan, darah, jantung dan otak. Kunir juga mengandung senyawa aktif - kurkumin, yang dianggap memiliki sifat anti inflamasi, anti kanker dan sifat antiseptik yang efektif. Orang tua zaman dahulu juga sudah banyak memanfaatkan kunyit sebagai obat-obatan untuk mengatasi berbagai problem penyakit sehari-hari. Dari pengalaman tersebut, mereka telah merumuskan pengobatan rumahan yang efektif seperti ramu-ramuan herbal yang diuraikan berikut ini.

1. Pengobatan maag dan gangguan gastrointestinal: Campur satu sendok teh bubuk kunyit dalam segelas air mendidih, biarkan dingin lalu minum (bisa dipermanis dengan gula atau madu).

2. Menghilangkan gangguan pencernaan dan keasaman: Campurkan 1/2 sendok teh kunyit dengan 1/4 sendok teh lada hitam dan 1/4 sendok teh kapulaga. Cara mengonsumsinya cukup ditelan setelah makan malam.

3. Meredakan sakit tenggorokan: Campur satu sendok teh madu dengan satu sendok teh kunyit dan telan sekira 4 kali sehari. Pilihan lain - Campurkan 1/2 sendok teh kunyit dan satu 1/2 sendok teh garam dalam segelas air suam-suam kuku dan minum sambil ditahan sebentar di tenggorokan.

4. Mengobati kaki dan kuku jamuran: Campur bubuk kunyit dengan jus lemon sampai diperoleh campuran pasta. Oleskan pasta di daerah yang terkena sekali setiap hari selama seminggu. Dianjurkan untuk memakai kaus kaki saat tidur di malam hari.

5. Pengobatan bisul dan jerawat: gosok larutan yang terdiri dari 1 gelas susu dan kunyit secukupnya. Perhatikan bahwa campuran ini mungkin akan meninggalkan noda di wajah, jadi dianjurkan untuk menerapkannya di malam hari dan cuci muka sampai bersih di pagi hari.

6. Hentikan luka pendarahan: cukup taburkan bubuk kunyit pada luka dan efeknya akan terjadi dengan sendirinya.

7. Mempercepat penyembuhan luka: Siapkan larutan kunyit dengan sedikit air. Oleskan ke luka dan perban dengan kasin kasa minimal dibiarkan selama satu hari.

8. Mengobati radang sendi: Rebus secangkir susu dengan satu setengah sendok teh bubuk kunyit. Anda bisa mendinginkannya lalu bisa langsung diminum.

9. Melegakan asma atau sesak napas: Campurkan 1/4 sendok teh kunyit di air panas dan minum dalam tegukan kecil atau diseduh.

10. Hentikan gusi berdarah: Gosok gigi dan gusi yang bermasalah dengan pasta yang dibuat dari bubuk kunyit, minyak Mustar dan garam dalam jumlah dosis yang sama.

11. Pengobatan luka di mulut atau sariawan: Campur 1/4 sendok teh kunyit dalam segelas air mendidih dan tunggu hingga dingin. Campuran dibuat kumur-kumur beberapa kali sehari.

12. Pengobatan kutil: Siapkan larutan 1,7 ons / 50g bubuk kunyit dengan 3 sendok makan minyak zaitun. Campur dengan baik sampai menjadi pasta dan oleskan pada kutil.

13. Untuk mengobati gigitan nyamuk: Siapkan larutan jus kunyit dan lemon lalu oleskan pada area yang terkena.

14. Gangguan siklus dan kram menstruasi: Campurkan setengah sendok teh kunyit dalam segelas susu hangat, lalu Anda mimun ramuan tersebut.

15. Melancarkan kelahiran: dianjurkan selama sembilan bulan ibu hamil menelan setiap hari 1/2 sendok teh kunyit dengan susu hangat. Kombinasi ini, pada stadium lanjut kehamilan, dapat mempermudah persalinan nantinya.
Loading...

Komentar Anda