Home » Dunia» Travelling» Luasnya Terowongan Bawah Tanah Rahasia Nazi di Polandia

Luasnya Terowongan Bawah Tanah Rahasia Nazi di Polandia

. . Tidak ada komentar:
Terowongan Nazi di Polandia
Jalan masuk terowongan Riese
Delapan puluh kilometer di sebelah selatan Wroclaw, di bawah kaki pegunungan tertua Polandia, Owl Mountains, berdirilah kompleks ruang bawah tanah dan sistem terowongan sangat luas yang dibangun oleh Nazi. Tujuan sebenarnya dibangun terowongan ini tidak diketahui, juga bukan ukuran sebenarnya karena kompleks tersebut tidak pernah selesai. Lebih dari sembilan kilometer telah digali, tetapi hanya sebagian kecil yang diperkuat dengan baja dan beton sebelum Nazi diusir dari wilayah itu oleh Tentara Merah (Red Army) yang datang menyerang. Ada yang mengatakan bahwa terowongan itu dimaksudkan untuk dijadikan markas besar Führer, sementara yang lain percaya bahwa tempat tersebut kemungkinan akan digunakan sebagai pabrik senjata bawah tanah.

Pembangunan terowongan dimulai pada tahun 1943 sebagai respon atas meningkatnya pemboman Sekutu atas Nazi Jerman. Sumber-sumber Jerman menunjukkan bahwa tempat itu seharusnya diubah menjadi tempat penampungan bawah tanah yang luasnya mencakup lebih dari 35 kilometer persegi, dengan salah satu Markas Besar Führer Adolf Hitler di pusatnya. Lebih lanjut, rencananya juga akan digunakan sebagai tempat perlindungan bagi para anggota utama militer serta tempat yang aman untuk fasilitas industri tertentu.

Pegunungan Owl Mountains dipilih karena bebatuan kerasnya yang bisa memberikan perlindungan ekstra terhadap serangan udara Sekutu. Namun hal itu juga membuat proses penggalian terowongan menjadi lambat. Ribuan pekerja paksa dari kamp-kamp di seluruh Uni Soviet dan Polandia untuk membantu membangun terowongan tersebut. Mereka bekerja dalam kondisi mengerikan, kelelahan dan kelaparan. Angka kematian sangat tinggi disebabkan karena penyakit, kekurangan gizi, kelelahan, pekerjaan bawah tanah yang berbahaya, dan perlakuan terhadap tahanan oleh penjaga Jerman. Diperkirakan sekitar 5.000 pekerja budak meninggal dalam proyek ini.

Sampai hari ini, tujuh sistem tempat penampungan dan terowongan yang dibuat dalam Proyek Riese diketahui ada di Pegunungan Owl. Kesemuanya memiliki desain yang serupa, sesuai dengan tata ruang dari Kantor Pusat Führer subterranean lainnya. Tiga dari situs ini dikelola oleh pemilik swasta dan dapat dikunjungi oleh wisatawan. Hanya ketika seseorang memasuki terowongan, ruang lingkup sebenarnya dari proyek konstruksi yang tidak terwujud ini akan menjadi jelas. Pengunjungbakan menyadari, betapa memang besarnya terowongan bawah tanah tersebut, "Riese" sendiri artinya adalah "Raksasa".

Mobil yang di foto ini cukup bisa memberi gambaran seberapa besar terowongan itu. Kredit foto: Przykuta / Wikimedia

Foto kredit: Aneta Pawska / Wikimedia

Foto kredit: Kementerian Luar Negeri, Polandia

Foto kredit: Kementerian Luar Negeri, Polandia
Loading...

Komentar Anda