Home » Bisnis» Jual Ketrampilan, Cara Mengubah Hobi Menjadi Duit

Jual Ketrampilan, Cara Mengubah Hobi Menjadi Duit

.
Hobi membacaSetiap orang memiliki hobinya sendiri yang paling diminatinya, bahkan kebanyakan orang bisa memiliki lebih dari satu hobi berbeda. Ada orang yang mengumpulkan perangko, orang-orang yang membuat scrapbook atau membuat desain grafis dengan foto digitalnya, orang-orang yang suka menunggang kuda, hiking, atau bersepeda.

Mungkin Anda sering melakukan sesuatu yang bahkan tidak Anda ketahui juga bisa dianggap sebagai "hobi". Secara teknis, apa pun yang Anda lakukan untuk bersenang-senang yang berada di luar aktivitas pekerjaan Anda bisa dianggap sebagai hobi - jadi kemungkinan besar Anda juga memiliki banyak hobi. Pertanyaannya sekarang, apakah hobi tersebut bisa memiliki nilai jual?.

Pernahkah Anda mempertimbangkan mengubah salah satu hobi Anda menjadi bisnis? Banyak orang telah memulai karirnya hanya dari hobi yang dilakukannya setiap hari. Bahkan untuk mendapatkan duit dari hobi, seseorang tidak perlu memiliki produk fisik tertentu untuk dijual. Anda dapat mengonversi pengetahuan atau ketrampilan Anda menjadi produk untuk dijual, menulis buku tutorial misalnya atau membuka jasa untuk orang lain.

Jika Anda berpartisipasi secara teratur dalam suatu hobi, Anda pasti tahu sedikit tentang hal itu. Jika Anda membuat scrapbook dari keluarga dan teman-teman, maka Anda mungkin memiliki pengetahuan luas tentang tempat untuk mendapatkan persediaan scrapbook Anda, dan cara membuat efek khusus pada halaman album foto Anda. Mungkin Anda memiliki majalah dan situs web yang selalu Anda kunjungi sebagai inspirasi. Anda memiliki pengetahuan pribadi tentang apa yang diperlukan untuk memulai hobi. Misalnya, perihal scrapbook mengharuskan Anda memiliki akses untuk ketersediaan bahan-bahan seperti kertas, stiker, lem, album foto, dan alat penunjang lainnya. Dalam kasusu ini, seseorang yang baru saja belajar tentang scrapbooking dan berpikir ingin memulai dengan serius hobinya, pastinya perlu mencari tahu lebih dalam apa saja yang mereka butuhkan. Nah peluangnya adalah, Anda dapat menawarkan pengetahuan ini sebagai produk Anda untuk dijual. Sederhana bukan? Tapi perlu action yang harus dikerjakan, tidak hanya sebatas rencana saja.

Jika Anda pernah menggunakan mesin pencari di internet untuk mencari suatu informasi, Anda pasti menyadari bahwa butuh waktu lama untuk menyortir jutaan semua data yang muncul untuk menemukan sesuatu benar-benar Anda cari. Seringkali, Anda disuguhi banyak informasi yang tampaknya tidak dapat diandalkan atau hanya abal-abal alias tidak sepenuhnya memuaskan dahaga informasi yang dicari. Terlebih lagi, Anda juga harus menyortir dan menentukan satu persatu jutaan data tersebut, apa yang dapat digunakan dan apa yang perlu dihindari. Ketika Anda membuat pengetahuan pribadi tentang hobi untuk menjadi produk yang memiliki nilai untuk jual, secara tidak langsung Anda juga telah membantu semua orang yang ingin menemukan informasi tersebut tanpa menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk menyortir dan mempelajari informasi yang ada.

Anda tidak perlu memiliki produk fisik untuk dijual agar mendapat untung. Faktanya, memiliki persediaan atau harus membuat item fisik memberikan margin keuntungan yang lebih rendah daripada menjual informasi. Benar kan?

Produk informasi adalah salah satu barang utama yang dijual karena berbagai alasan. Mereka menawarkan biaya rendah untuk memulainya, yang berarti Anda langsung mendapatkan untung dari hanya beberapa penjualan saja. Produk informasi termasuk eBook, kursus online atau kursus via email, perangkat lunak, file audio, situs web, dan lain-lain, pada dasarnya apa pun yang dapat diunduh dari internet. Anda tidak diharuskan memiliki inventaris dan Anda langsung bisa menyiapkan model bisnis Anda untuk memungkinkan Anda mendapatkan uang dari pekerjaan yang dilakukan orang lain untuk Anda.

Mungkin sekarang Anda sudah mulai sedikit tercerahkan tentang nilai tersembunyi yang Anda miliki. Namun kenyataannya, Anda masih belum memiliki produk untuk dijual, Anda belum menulis e-book, atau mungkin keterampilan menulis Anda tidak banyak diminati orang. Membuat kursus online atau email memakan waktu, dan untuk membuat perangkat lunak Anda memerlukan pelatihan khusus yang intensif. Anda masih bisa menjual pengetahuan Anda. Buatlah "paket" item yang dibutuhkan seseorang untuk memulai hobi tertentu, dan promosikan sebagai "semua yang perlu Anda ketahui" tentang memulai hobi tersebut. Hubungi seseorang yang telah menulis e-book informatif tentang topik ini. Temukan orang lain yang telah membuat video online atau acara radio tentang hal itu, dan minta izin untuk menjual barang-barang dalam satu paket Anda. Jika mereka memiliki program afiliasi, Anda mungkin dapat mendaftar untuk program afiliasinya dan mendapatkan komisi dari hasil penjualannya. Sertakan daftar besar penyedia Anda untuk persediaan atau informasi yang Anda rujuk secara teratur, dan apa pun yang Anda tahu dibutuhankan seseorang untuk memulai hobi tersebut. Inilah produk untuk dijual: yaitu menjual pengetahuan atau ketrampilan Anda.

Setelah mendapatkan uang dari jenis bisnis produk informasi ini, Anda dapat berinvestasi dalam pembuatan produk Anda sendiri jika Anda mau, atau mulai menawarkan produk yang lebih informatif yang memungkinkan Anda menjual pengetahuan Anda lainnya.
Loading...