Home » Kesehatan» Cara Menyembuhkan Penyakit Gatal dengan Obat Rumahan

Cara Menyembuhkan Penyakit Gatal dengan Obat Rumahan

.
Gatal di kulit

Nama lain yang digunakan untuk penyebutan gatal adalah pruritus. Gatal adalah fenomena sangat umum yang dapat mengganggu hewan dan juga manusia. Gatal adalah reaksi iritasi pada kulit yang menciptakan keinginan untuk menggaruk-garuk area yang gatal tersebut. Gatal dapat disebabkan karena kelainan kulit atau infeksi yang dapat memengaruhi seluruh tubuh.

Parasit yang berada di tubuh kita seperti kudis, tungau atau kutu adalah salah satu alasan yang menyebabkan gatal. Anda juga bisa terkena dampak reaksi alergi karena salah satu agen pemicu gatal. Gigitan serangga adalah alasan lain yang dapat menyebabkan iritasi ini. Setelah gatal terus menerus, seseorang akan mengalami ruam yang mungkin mereda setelah beberapa saat atau bahkan dapat menyebabkan iritasi kulit lebih lanjut. Selain alergi kulit atau infeksi kulit, ada penyakit lain seperti penyakit hati, gagal ginjal, limfoma, leukemia dan masalah gangguan darah lainnya yang menyebabkan gatal. Banyak obat juga menyebabkan gatal seperti barbiturat dan aspirin. Kehamilan, lecet, infeksi jamur, racun tumbuhan menjalar, gigitan serangga, penyakit ruam saraf, ketombe, eksim, buku ulat adalah beberapa penyebab gatal lainnya. Kosmetik, kulit kering di musim dingin (daerah bersalju) dan paparan air juga bisa menyebabkan gatal. Gangguan gatal yang berlangsung lama akan memperburuk kondisi kulit, yang biasanya akan meninggalkan bekas luka akibat gosokan dan garukan secara terus-menerus. Jika pengobatan konvensional sudah tidak mempan, Anda bisa menggunakan cara berikut ini.

Pengobatan Rumahan untuk Gatal-gatal
Bersihkan area yang terkena dengan air hangat, bisa menggunakan sabun herbal lebih bagus.

Setiap setelah mandi, lembabkan kulit Anda, hal ini untuk membuat kulit terhidrasi dan mencegahnya agar tidak kering.

Tambahkan 2 cangkir gandum (oatmeal) koloid dalam bak mandi kemudian berendamlah di dalamnya. Manfaatnya adalah untuk menenangkan kulit, terutama yang terkena infeksi gatal. Anda juga bisa menggunakan oatmeal sebagai sabun. Buatlah sebungkus oatmeal koloid yang dibungkus dengan sapu tangan untuk kemudian digunakan sebagai scrubber (penggosok) tubuh Anda.

Isilah kantong plastik dengan es, tali dan bungkus dengan handuk dapur. Telan 1 kapsul Benadryl. Es berguna untuk membuat kulit mati rasa dan Benadryl meredakan rasa gatal itu sendiri.

Oleskan juga vicks vapor pada area yang terkena untuk menghilangkan iritasi kulit.

Anda juga dapat menggunakan minyak lidah buaya, minyak ikan cod, jus lemon, minyak vitamin E, minyak benih gandum atau teh witch hazel di area yang terkena.

Cornstarch (tepung jagung) juga bekerja dengan baik jika dimasukkan ke dalam air mandi dan juga digunakan untuk membersihkan area gatal.
Loading...