Home » Kesehatan» Cara Berhenti Merokok Menggunakan Zyban

Cara Berhenti Merokok Menggunakan Zyban

. . Tidak ada komentar:
Berhenti merokok
Berhenti merokok
Secara umum, kecanduan merokok bisa jadi sangat sulit untuk diatasi. Tergantung seberapa lama Anda sudah merokok, berapa banyak jumlahnya, serta faktor genetik, mungkin bisa menyebabkan Anda menjadi sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut meskipun menginginkannya. Faktanya, faktor genetik lebih menentukan seberapa rentan seseorang terhadap kecanduan nikotin, dan terkait hal ini beberapa orang pecandu rokok membutuhkan usaha yang keras dan konsisten untuk menghentikan kebiasaannya. Ada sejumlah alat bantu medis untuk berhenti merokok yang digunakan untuk membantu mengatasi ketergantungan tubuh pada nikotin. Salah satunya yang dibahas pada artikel ini adalah dengan zyban

Selama bertahun-tahun, standar alat bantu berhenti merokok yang digunakan adalah koyok nikotin, yang mana ia dilekatkan pada kulit untuk memberikan pasokan secara terus-menurus nikotin ke aliran darah. Baru-baru ini, pendekatan lain telah populer digunakan, yaitu dengan penggunaan obat Zyban (bupropion hydrochloride.)

Perkembangan Zyban sebagai obat bantu anti-merokok memiliki sejarah yang aneh: awalnya obat ini dirancang sebagai anti-depresan, dan selama uji klinis obat ini ditemukan memiliki efek samping lain, banyak perokok lama yang berpartisipasi dalam uji klinis tersebut mengaku kehilangan minatnya pada rokok dan merasa sangat mudah untuk berhenti. Penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa obat tersebut memang sangat efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok dan telah disetujui secara klinis untuk digunakan pada 1997 oleh FDA.

Zyban bekerja dengan cara yang jauh berbeda dari koyok nikotin. Alih-alih menyediakan pasokan nikotin ke aliran darah, Zyban mengubah kimia otak sedemikian rupa sehingga keinginan untuk merokok menjadi berkurang drastis. Banyak mereka para perokok merasakan bahwa kebiasaan merokok menjadi terasa tidak menarik lagi setelah mengonsumsi obat itu. Jadi dalam hal ini, Zyban tidak memasok atau mengatur nikotin dalam aliran darah.

Untuk bekerja secara efektif, Zyban biasanya dikonsumsi beberapa minggu sebelum Anda benar-benar berhenti merokok. Seperti semua obat anti-depresan, butuh waktu untuk melihat efeknya terwujud. Setelah Anda mengonsumsi obat ini untuk beberapa waktu, Anda lantas berhenti merokok, dan jika semuanya berjalan lancar, Anda akan menemukan upaya untuk berhenti merokok jauh lebih mudah.

Penting untuk diingat, bagaimanapun, Zyban adalah obat resep yang mengubah kimia otak. Pada kenyataannya para peneliti bahkan belum begitu yakin terkait bagaimana cara kerja obat tersebut, hanya menyimpulkan manfaatnya telah bekerja sangat efektif untuk banyak orang. Lumrahnya, Anda harus mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan Zyban, dan sangat penting jangan mengombinasikan zyban dengan obat-obatan lain. Jadi pastikan Anda menghadap dulu kepada dokter terkait, beberapa efek samping yang umum termasuk terjadi insomnia, pusing, dan mulut kering. Dalam kasus yang tergolong sangat jarang, efek samping yang lebih serius seperti kejang-kejang juga bisa terjadi. Anda juga harus mendiskusikan dengan dokter perihal situasi seperti apa Zyban seharusnya tidak boleh dikonsumsi seperti jika Anda baru saja berhenti dari minuman beralkohol atau memiliki riwayat kejang sebelumnya.

Meskipun penggunaan Zyban harus dengan sangat hati-hati, selama hal ini telah dibicarakan dengan dokter, itu bisa menjadi solusi sangat efektif untuk membantu upaya Anda agar mampu segera berhenti merokok.
Loading...

Komentar Anda