Home » Botani» Pengetahuan Umum» Bagaimana Cara Tanaman atau Tumbuh-tumbuhan Makan?

Bagaimana Cara Tanaman atau Tumbuh-tumbuhan Makan?

.
Proses produksi makanan pasa tanamanAneh rasanya, tapi tanaman memang memiliki “pabrik” mereka sendiri untuk memproduksi makanan. "Pabrik" ini adalah daun hijau. Kita semua tahu bahwa buah persik dan apel rasanya manis, yang berarti mengandung gula. Dari mana rasa manis tersebut berasal? Ini dihasilkan oleh daun pohon persik atau pohon apel, dengan menarik produk yang diperlukan dari tanah dan udara.

Salah satu komponen - karbon dioksida – daun tanaman menyerapnya dari udara. Komponen lain - kelembaban - akar pohon mengekstrasinya dari tanah. Kedua zat ini cukup bagi tanaman untuk menghasilkan gula. Perlu dicatat bahwa proses menyintesis makanan terjadi di daun hanya di bawah pengaruh sinar matahari dan karena itu disebut fotosintesis. "Foto" dalam bahasa Yunani berarti "terang". Banyak tanaman, bagaimanapun, seperti kita ketahui, tidak memiliki buah atau rasa yang manis. Ini bukan berarti daunnya tidak menghasilkan gula, hal tersebut terjadi karena proses perubahan terlalu cepat menjadi pati atau protein tanpa pemanis.

Tentu saja, "pabrik" makanan pada tanaman, sama seperti yang lain, membutuhkan mesin. Pada daun, ada tubuh-tubuh hijau kecil, disebut kloroplas, yang bertindak sebagai mesin. Warna mereka diperjelas dengan kandungan substansi hijau yang tinggi - yatitu klorofil. Energi yang mendorong "mesin" bergerak dipasok oleh sinar matahari. Secara umum proses produksi pangan berlangsung sebagai berikut. Akar tanaman mengambil kelembaban dari tanah. Air naik di sepanjang jalur tubuh tanaman dan selanjutnya di sepanjang batang dan dahan sampai masuk ke penampungan khusus pada dedaunan.

Selanjutnya air tersebut disalurkan, melalui setiap sel, sampai ke kloroplas. Bersamaan dengan air, daunnya dihasilkan oleh tanaman itu sendiri, namun tidak ditemukan dalam akumulasi nutrisi: akar, buah dan biji. Pada saat yang sama, daun menyerap udara yang mengandung karbon dioksida. Antara gas dan air ini dalam kloroplas, di bawah pengaruh sinar matahari, terjadi reaksi kimia dan pati atau bentuk gula. Setelah ini, nutrisi yang telah terbentuk didistribusikan sepanjang pembuluh yang sama ke seluruh organisme tanaman.

Selain itu, daun harus menyingkirkan zat yang tidak perlu dan produk ekskresi yang diserap dalam proses penciptaan makanan. Oleh karena itu, sisa udara yang tidak terpakai, sebagian besar adalah udara, diperkaya dengan oksigen yang sama, terbentuk selama fotosintesis, dilepaskan ke atmosfer melalui stomata - lubang kecil di antara sel-sel di bagian bawah daun.
Loading...