Home » Kesehatan» 10 Cara Memperkuat Tulang Secara Alami

10 Cara Memperkuat Tulang Secara Alami

.
Memperkuat tulang secara alamiTulang adalah sistem penopang utama tubuh, jadi sangat penting untuk menjaganya agar tetap kuat dan sehat. Seiring bertambahhnya usia, tulang secara terus-menerus akan rapuh dan dibangun kembali namun dalam jumlah sedikit. Sebelum mencapai puncak massa tulang sekitar usia 30 tahun, tubuh akan menciptakan tulang baru lebih cepat.

Tetapi setelah usia 30 tahun, keseimbangan pembentukan tulang secara alami bergeser. Hal ini menyebabkan lebih banyak pengeroposan tulang, yang akhirnya mengarah ke osteoporosis. Tulang menjadi lemah dan rapuh pada masa tersebut.

Namun, pada orang dewasa berusia muda, osteoporosis dan tulang rapuh dapat dilihat dengan mudah. Untungnya, ada kebiasaan gaya hidup tertentu yang dapat membantu membangun tulang lebih kuat secara alami. Termasuk seperti yang dijelaskan di bawah ini:

1. Angkat Beban

Jika Anda seorang wanita pasca menopause, lakukan latihan skala rendah dua atau tiga kali seminggu. Cobalah melakukan latihan atau olahraga seperti angkat beban ringan, latihan dumbbell, aerobik, berjalan atau joging ringan.

2. Latihan Menari
Menari adalah latihan yang bagus dan sempurna untuk meningkatkan kepadatan tulang. Menari akan meningkatkan masa otot dan tulang yang akan membantu menjaga tulang Anda lebih kuat secara alami. Mulailah dengan menyalakan musik dansa favorit Anda dan segeralah bergerak.

3. Suplemen Vitamin D

Sudahkah Anda tahu bahwa vitamin D adalah penyumbang utama kepadatan tulang? Karena vitamin D membantu tubuh dengan meningkatkan penyerapan kalsium. Jika Anda tidak bisa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D, cobalah mengonsumsi suplemen vitamin D. Banyak dijual di apotik atau toko obat.

4. Hindari Minuman Beraerasi

Minum terlalu banyak soda dapat memengaruhi tulang. Minum soda akan meningkatkan risiko seorang wanita mengalami patah tulang pinggul sebesar 14 persen. Penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut ternyata bisa disebabkan oleh soda, kafein, fosfor atau gula yang mengganggu kadar kalsium.

5. Konsumsi Ikan-ikanan
Cobalah untuk menyertakan berbagai jenis ikan dalam menu diet Anda, terutama ikan yang kaya vitamin D. Tiga ons salmon menyediakan sejumlah vitamin D yang baik. Dua ikan sarden kaleng, tuna kaleng, dll., Juga mengandung vitamin D. Cobalah makan ikan ini setiap hari.

6. Berjalan
Berjalan atau berlari adalah olahraga yang baik dan jika Anda berlari selama satu hingga dua menit per hari, itu sudah cukup memberikan latihan berintensitas tinggi untuk tubuh. Manfaatnya dapat meningkatkan kesehatan tulang karena aktivitas semacam ini akan merangsang sel-sel tulang, yang dapat meningkatkan kepadatan tulang.

7. Melompat
Wanita yang melompat 10 hingga 20 kali dua kali per hari selama empat bulan diketahui mengalami peningkatan kepadatan tulang pinggul lebih kuat dibandingkan dengan wanita yang tidak melompat. Melompat menciptakan tekanan mikro di tulang, yang membantu membangun kembali tulang dan menjadi lebih kuat.

8. Makan-makanan yang Seimbang
Makanlah campuran makanan seimbang seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, susu, dan makanan laut. Makanan-makanan ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang akan meningkatkan kepadatan tulang Anda. Karena mengandung nutrisi seperti vitamin K, vitamin B6, vitamin B12, magnesium dan fosfor.

9. Konsumsi Lebih Sedikit Protein Hewani
Konsumsi jumlah besar protein hewani dapat memengaruhi ginjal, yang menyebabkan hilangnya kalsium. Tingkat kalsium yang rendah ini di dalam tubuh, dapat berkontribusi pada pengeroposan tulang. Pastikan Anda mengisi piring makanan Anda dengan makanan protein nabati.

10. Memasak Dengan Herbal

Saat memasak makanan, Anda dapat menambahkan bumbu dan rempah-rempah seperti oregano, paprika asap, bubuk bawang putih, dan berbagai bumbu-bumnu dan rempah-rempah lainnya. Herbal dan rempah-rempah memiliki senyawa tertentu yang akan meningkatkan kekuatan tulang Anda secara alami.