Home » Dunia» Sejarah» Teknologi» Traub, Motor Langka Tahun 1916 dengan Mesin Canggih yang Masih Bekerja Hingga Sekarang

Traub, Motor Langka Tahun 1916 dengan Mesin Canggih yang Masih Bekerja Hingga Sekarang

. . Tidak ada komentar:
Tak begitu dikenal di dunia manufaktur sepeda motor, Traub ditemukan pada tahun 1968. Meski sebagian besar sepeda motor tersebut dibuat secara manual dengan tangan, beberapa bagian onderdil mesin yang digunakan dapat diketahui waktu pembuatan motornya sekitar tahun 1916. Motor Traub 1916 ditemukan tersembunyi di dalam dinding sebuah apartemen di Chicago pada tahun 1968. Hanya ada satu motor semacam itu yang ada di dunia ini. Meski tetap tersembunyi selama lebih dari 50 tahun, secara mengejutkan, mesin masih dalam kondisi berfungsi dan berjalan secara normal.
Sepeda motor langka
Motor Traub langka. Image Source: Wheels Through Time
Pada tahun 1968, seorang tukang ledeng sedang melakukan renovasi gedung apartemen tua di Chicago. Dia membongkar dinding batu bata dan terkejut menemukan sebuah motor tua tersembunyi di baliknya. Sepeda motor itu diberi nama "Traub", dari yang tertulis di tangkinya.

Segera setelah ditemukannya motor langka tersebut, pemilik asli bangunan terlacak. Mereka mengungkapkan bahwa bertahun-tahun yang lalu, anaknya telah mencuri motor ini, kemungkinan besar berasal dari pemilik aslinya, sebelum pergi berperang dalam Perang Dunia I. Kemungkinan anak itu menyembunyikan sepeda motor di dinding untuk menyimpannya sampai dia kembali dari perang. Tapi, sayangnya, dia gugur dalam perang dan motor itu tersembunyi dari dunia selama lebih dari 50 tahun.

Sejak ditemukannya, motor telah melewati tangan sejumlah pemilik, akhirnya jatuh ke tangan Dale Walksler, pendiri museum Wheels Through Time
Wheels Through Time
Image Source: Wheels Through Time, RoadRunner
Ketika motor Traub pertama kali ditemukan pada tahun 1968, perusahaan tersebut diakuisisi oleh dealer sepeda motor Chicago dengan nama Torello Tacchi. Dia menukar $700 Suzuki dengan imbalan sepeda motor langka tersebut dan mereparasinya agar bekerja dalam kondisi yang sempurna. Sepeda motor tetap miliknya selama sekitar 10 tahun dan kemudian dibeli oleh Bud Ekins, stuntman untuk bintang terkenal Steve McQueen. Ekins kembali menjualnya kepada Richard Morris, seorang kolektor sepeda dari California.

Akhirnya, Traub menuju ke Dale Walksler yang merupakan pendiri Wheels Through Time Museum yang cukup kesohor. Museum ini terus menjadi rumah bagi sepeda langka tersebut sejak dibeli oleh Walksler pada tahun 1990. Hebatnya, Traub yang sudah berusia 101 tahun masih berfungsi dengan sempurna, dan Walksler bahkan sampai hari ini masih menggunakan motor tersebut sesekali untuk sekedar jalan-jalan.

Sepeda motor ini terkenal bukan hanya karena satu-satunya di dunia tapi juga karena pengerjaannya yang berkualitas tinggi. Para ahli menyebutnya sebagai salah satu mesin paling maju di awal abad ke-20
Motor traub 1916 adalah satu-satunya yang masih tersisa dari jenisnya. Tentu ada banyak sepeda klasik sepanjang sejarah, tapi tidak ada yang bisa melampaui rekayasa kompleks Traub. Mesin dan teknik yang digunakan untuk membangun motor jauh lebih canggih dan maju dari lainnya. Sebagian besar bagiannya dibuat dengan cincin besi cor tanpa tali. Juga, bagian-bagian yang ditemukan di sepeda motor tidak pernah terlihat pada sepeda motor lain sepanjang sejarah. Seolah bagian-bagiannya dibuat khusus untuk mesin ini saja.

Mesin 80cc V-twin Traub adalah buatan tangan manual, dan merupakan satu-satunya dari jenisnya. Traub dilengkapi dengan transmisi tiga kecepatan yang menurut para ahli menjadi salah satu yang pertama dari jenisnya. Sistem rem dual-acting juga unik dan tidak pernah terlihat pada sepeda pada era itu.

Sejarawan dan para ahli telah lama berspekulasi tentang siapa pencipta asli Traub. Kandidat yang paling mendekati adalah Gottlieb Richard Traub
Richard Traub Motorcycle
Image Source: RumbleOn
Sejarawan telah lama mencari siapa pencipta asli Traub. Meskipun banyak yang menduga penciptanya adalah seorang pria bernama Gottlieb Richard Traub, namun tidak ada bukti pasti untuk mendukung klaim tersebut. Gottlieb Richard Traub adalah seorang Jerman yang lahir di Amerika. Pada bulan Juli 1907, Richard Traub menulis sebuah surat kepada editor Motorcycle Illustrated. Dalam surat tersebut, dia menyebutkan secara rinci tentang motor empat tenaga kuda yang dia bangun sendiri di rumah. Spesifikasi sepeda motor yang dia bangun sama dengan yang ada di Traub 1916. Apalagi, ia juga memiliki toko yang dikenal sebagai "Toko Motor Richard Traub." Di atas, Anda bisa melihat gambar tokonya. Dalam gambar, sepeda motor di gambar kanan memiliki kemiripan yang kuat dengan Traub 1916.

Tidak jelas kapan atau dimana foto ini diambil. Namun laporan menunjukkan bahwa Richard Traub biasa bekerja di luar garasi yang menempel di rumahnya. Dari surat yang dikirim Richard Traub ke Motorcycle Illustrated, ditemukan bahwa rumahnya terletak di Paulina Street, Chicago. Selain itu, apartemen dari mana motor itu diambil pada tahun 1968 terletak dekat dengan jalan ini. Hal itu cukup mengesankan bahwa ada kemungkinan besar bahwa Gottlieb Richard Traub sebenarnya adalah pencipta motor langka dan menakjubkan ini, meski tidak ada bukti kuat.
Loading...

Komentar Anda