Home » Tahukah Anda?» Kenapa Ya Anjing Suka Menjilati Pemiliknya? Ini Alasannya

Kenapa Ya Anjing Suka Menjilati Pemiliknya? Ini Alasannya

.
Anjing menjilat pemiliknya
Seekor anjing menjilati pemiliknya
Jika kalian punya hewan peliharaan anjing di rumah, pasti pernah mengalami suatu momen dijilat-jilat oleh anjing tersebut. Pernahkan terpikirkan dibenak kalian, kenapa anjing kok sukanya menjilat-jilat orang, faktor apa yang menyebabkan hal tersebut?. Apakah sebagai ungkapan rasa sayang dalam bahasa binatang, ataukah ada penyebab lain?. Berikut penjelasan ilmiahnya, secara singkat dan padat.

Meskipun banyak orang meyakini bahwa anjing menjilati manusia untuk menunjukkan ungkapan kasih sayang (dalam bahasa khas mereka sendiri), ada banyak teori lain yang bisa menjelaskan tingkah lakunya tersebut.

Salah satunya adalah kulit kita sendiri yang rasanya memang cukup enak bagi mereka. Keringat asin dan residu makanan tidak hanya terasa enak tapi juga bisa memberikan informasi tentang di mana kita berada dan apa yang telah kita makan. Tingkah laku menjilat pada anjing juga dianggap sebagai perilaku terpelajar.

Anak anjing belajar menjilat agar tetap bersih, tapi juga berkomunikasi, menyapa satu sama lain dan memperkuat ikatan di dalam sebuah kelompok. Pada anjing dewasa, menjilati juga merupakan suatu cara untuk menunjukkan ketaatan pada anggota kelompok yang dominan. Jadi, dalam hal ini kemungkinan anjing menjilat kita juga dengan alasan yang sama.

Sekarang sudah cukup jelas bukan, kenapa anjing suka menjilat-menjilat pemilik atau majikannya. Selain sebagai uangkapan rasa kasih sayang, juga sebagai sebuah bentuk ketaatan pada majikannya dan upaya untuk memperoleh informasi (khas anjing) terkait apa yang telah kita lakukan.