Home » Dunia» Unik» Video» Di Montenegro, Ada Sumber Mata Air yang Keluar dari Pohon

Di Montenegro, Ada Sumber Mata Air yang Keluar dari Pohon

. . Tidak ada komentar:
Radio Free Europe / Radio Liberty baru-baru ini berbagi sebuah video tentang fenomena alam unik di sebuah desa bernama Dinoša, yang terletak di tenggara Montenegro - sebuah negara kecil di pantai Adriatik. Ada pohon murbei yang berdiri di padang rumput di sana, yang berubah menjadi air mancur setiap kali hujan lebat. Dari hamparan pada batang pohon air bisa terlihat memancar melimpah.
Air mengalir dari batang pohon
Air mengalir dari batang pohon
Rupanya, hujan telah membanjiri mata air di bawah tanah dan terjadilah tekanan dari dalam yang kemudian mendorong air naik ke batang pohon melalui celah-celah atau cekungan di batang pohon, sampai air keluar dari lubang beberapa meter di atas tanah. Seperti yang bisa Anda lihat pada video, tanah di sekitarnya dipenuhi dengan air, menunjukkan jumlah air yang sudah keluar dari bawah. Kita juga bisa melihat air keluar dari lubang lain yang ada di padang rumput. Seluruh area  di sana dialiri air dengan arus kecil.

Menurut seorang pria setempat yang diwawancarai, fenomena alam tersebut telah terjadi selama 20-25 tahun terakhir atau bahkan lebih lama lagi. Dia memperkirakan pohonnya berumur lebih dari 100 sampai 150 tahun.

Selain air mancur pohon di Montenegro, terdapat fenomena unik serupa di tempat lain. Di desa Tuhala di Estonia, ada sebuah sumur yang akan menyemburkan air setelah hujan deras. Sumur itu kebetulan dberada di atas sungai bawah tanah. Setelah air hujan membanjiri sungai, tekanan air meningkat sampai keluar dari sumur, setinggi setengah meter tersebut. Hal ini akan berlanjut selama beberapa hari. Pada siklus ini, lebih dari 100 liter air bisa mengalir keluar setiap detik.
Air meluap tumpah ruah dari dalam sumur. Photo credit: https://www.flickr.com/photos/gretatt/6836233390/
Legenda setempat mengatakan bahwa para penyihir Tuhala berkumpul di sauna bawah tanah dan saling memukul dengan cukup keras menggunakan cabang pohon birch yang menyebabkan air mencurahkan ke permukaan sumur. Para warga di sana menyebut penyihir tersebut Witch's Well.
Loading...

Komentar Anda