Home » Lainnya» 7 Foto yang Diambil Sesaat Sebelum Peristiwa Tragis Terjadi

7 Foto yang Diambil Sesaat Sebelum Peristiwa Tragis Terjadi

.
Sebuah gambar bisa bermakna seribu kata. Ya, sebuah foto yang kita lihat bisa memberikan kesan yang berbeda-beda pada masing-masing orang, tergantung bagaimana orang tersebut memaknainya. Tapi ada beberapa gambar yang bisa membuat orang bergidik merinding jika melihatnya. Gambar-gambar tersebut memberikan kesan yang mengerikan karena diambil secara tidak sengaja pada momen terakhir sebelum terjadi sesuatu yang tragis.

1. Pada tanggal 28 Januari 1986, pesawat luar angkasa Challenger meledak sebelum penerbangannya dan membunuh semua awak kapal. Foto kru ini, yang tengah tersenyum di depan kamera, diambil tepat sebelum ledakan tersebut terjadi
Peristiwa tragis kru NASA
Foto kru, tersenyum di kamera beberapa menit sebelum ledakan 
Ketika penerbangan yang kesepuluh pesawat luar angkasa Challenger lepas landas, sebagai bagian dari misi pengorbitan pesawat ulang alik NASA, pesawat tersebut meledak dalam waktu 73 detik setelah lepas landas. Semua tujuh anggota awak, termasuk lima astronaut dan dua spesialis payload, terbunuh. Ledakan itu terjadi karena segel O-ring pada pendorong roket padat pesawat antariksa tersebut gagal saat take-off. Cincin O sebenarnya memang tidak dirancang untuk suhu dingin.

Foto dari para kru pesawat di atas diambil tepat sebelum mereka hendak naik pesawat ruang angkasa.

2. Rapper Jadiel berfoto selfie terakhir kali saat mengendarai motornya dan mengunggahnya ke Instagram sebelum kematiannya
Foto Raper Jadiel
Kredit gambar: jadielmusic / Instagram
Ramon Gonzalez, yang lebih dikenal sebagai Jadiel, adalah seorang rapper Amerika. Dia mendapatkan popularitasnya atas lagu-lagunya seperti Si Tu No Estas Aqui, Fashion Girl, dan Sol y Arena. Pada tanggal 10 Mei 2014, Jadiel mengendarai sepeda motornya, bermaksud mengambil foto selfie dan mengirimnya ke Instagram. Di foto, ia terlihat memakai helm juga pelindung wajahnya. Beberapa jam kemudian, pada hari yang sama, Jadiel kehilangan kendali sepedanya dan menabrak mobil yang menuju ke arah yang berlawanan. Foto selfie Instagram terakhirnya, yang bisa Anda lihat di atas, adalah saat jadiel sedang berada "Di jalan di New York”.


3. Foto ini diambil beberapa saat sebelum terjadi kebakaran hutan yang kemudian dikenal sebagai "Yarnell Hill Fire." sebanyak 19 petugas pemadam kebakaran yang sedang berusaha memadamkan api meninggal dunia
Foto kebakaran hebat
Kebakaran hebat di Yarnell Hill, AS
Kebakaran Bukit Yarnell dianggap sebagai kebakaran paling mematikan ketiga, dan juga bencana paling mematikan keenam bagi petugas pemadam kebakaran, dalam sejarah AS. Kebakaran tersebut terjadi pada tanggal 28 Juni 2013. Dua hari kemudian, kebakaran tersebut menewaskan 19 petugas pemadam kebakaran dari total petugas yang berjumlah 20 orang. Satu-satunya yang selamat adalah Brendan McDonough berusia 21 tahun yang bertugas sebagai pengawas.

Angin berkecepatan tinggi dan kekeringan jangka panjang diidentifikasi sebagai penyebab cepatnya penyebaran api. Pada tanggal 1 Juli 2013, api menyebar di lahan seluas 8.300 hektar dan memaksa area terdekat harus dievakuasi. Baru pada tanggal 10 Juli 2013, api tersebut dinyatakan 100% padam.

Foto di atas diambil sesaat sebelum kebakaran memakan korban dari 19 petugas pemadam kebakaran.

4. Seorang politikus Filipina menangkap pembunuhnya sendiri di foto sebelum ditembak dan mati terbunuh
Penembakan politikus Filipina
Orang bersenjata (kiri) dan kaki tangannya (kanan) ditangkap pada saat foto keluarga yang diambil oleh korban yang terbunuh. Kredit gambar: EPA via dailymail.co.uk
Seorang politisi Filipina, Reynaldo Dagsa, berhasil menangkap pembunuhnya tepat sebelum dia ditembak dan dibunuh. Dagsa pada waktu itu sedang merayakan Hari Tahun Baru bersama keluarganya dan pergi ke depan rumah bermaksud untuk memotret istri dan anak-anaknya. Saat itu, tiba-tiba muncul seorang pria yang langsung menembak kepalanya. Dalam gambar tersebut, terlihat jelas bahwa pria itu sedang mengarahkan pistol ke Dagsa.

Penembak itu diidentifikasi sebagai Arnel Buenaflor, anggota Gang Pasaway. Rupanya, orang yang terkait dengan Dagsa terlibat dalam baku tembak dengan geng tersebut beberapa bulan sebelumnya. Pembunuhan Dagsa dilakukan bermotif membalas dendam.

5. Andrey Retrovsky secara tidak sengaja jatuh dari gedung lantai sembilan saat tengah mengambil foto untuk diunggah ke Instagram
Aksi foto selfie mengerikan
Andrey Retrovsky sesaat sebelum jatuh dari gedung lantai sembilan. Kredit gambar: drewsssik / Instagram
Kematian karena mencoba untuk mengambil foto selfie sempurna telah menghantui dunia beberapa waktu sekarang. Namun tak ada yang lebih menyedihkan daripada kematian seorang anak laki-laki berusia 17 tahun yang kehilangan nyawanya karena mencoba mendapatkan foto paling sempurna untuk diunggah di Instagram.

Foto di atas adalah foto terakhir Andrey Retrovsky yang tengah melakukan aksi membahayakan demi memperoleh gambaran foto yang lain daripada yang lain. Beberapa detik kemudian, ia lepas kontrol dan terjatuh dari atas bangunan. Meski sebenarnya sudah diberi dengan tali, ia tidak mampu menahannya begitu tiba-tiba mulai jatuh.

Laporan mengatakan bahwa dia tidak langsung meninggal namun sempat dilarikan ke rumah sakit dan tewas karena tidak bertahan pada luka-lukanya beberapa jam kemudian.


6. Robert Overacker mencoba menarik perhatian penonton dengan melakukan aksi ekstrem untuk acara amal dengan mengendarai jet ski di atas Air Terjun Niagara dan memasang parasut untuk pendaratan setelah meluncur dari atas air terjun. Tapi entah bagaimana, rencananya gagal, dan gambar ini menangkap detik-detik terakhir hidupnya sebelum dia tenggelam di air
Aksi jet ski mengerikan
Robert Overacker di jet ski di Niagara Falls
Kredit gambar: screengrab via Clay Schmitt / Youtube
Robert Overacker adalah seorang stuntman dari California. Pada tanggal 2 Oktober 1995, dia berencana untuk mengendarai jet ski di atas Air Terjun Niagara, memasang parasut, dan mendarat dengan aman saat meluncur ke bawah aliran air terjun. Dia telah merencanakan aksi ini selama bertahun-tahun dan mencoba dua kali sebelumnya namun hanya diketahui oleh keluarganya. Tapi pada tanggal 2 Oktober 1995, akhirnya dia memutuskan untuk terus melakukannya lagi demi sebuah tujuan.

Overacker memiliki parasut yang dirancang khusus dengan pendorong yang seharusnya dipasang segera setelah dia melepaskan jet ski. Tapi ada yang tidak beres dan parasutnya tidak terbuka. Overacker terjatuh dan tewas tenggelam di Air Terjun Niagara. Berikut adalah video yang menangkap momen terakhir aksi akrobatnya tersebut.

7. Paul Walker, beberapa saat sebelum mobilnya menabrak sebuah tiang dan menewaskan dirinya
Foto terakhir Paul Walker
Foto Paul Walker terakhir sebelum mobil itu menabrak sebuah tiang dan terbakar
Kredit gambar: JFXimages / WENN.com via dailymail.co.uk
Tak satu pun dari kita bisa melupakan hari saat mendapat kabar bahwa Paul Walker tidak ada lagi. Beberapa saat sebelum kematiannya yang mengerikan, Paul Walker difoto sesaat sedang meninggalkan acara amal dengan penasihat keuangan dan temannya Roger Rodas mengemdarai sebuah Porsche merah. Kurang dari semenit kemudian, mobil mereka menabrak sebuah tiang dan terbakar yang menewaskan aktor tercinta dan teman-temannya tersebut.