Home » Kesehatan» Ramuan Herbal» Resep Membuat Obat Batuk Sirup dengan Campuran Jahe dan Lemon

Resep Membuat Obat Batuk Sirup dengan Campuran Jahe dan Lemon

. . Tidak ada komentar:
Resep Obat Batuk Sirup ~ Jika ada anggota keluarga yang terkena flu dan batuk, maka Anda telah berada di tempat yang tepat. Karena pada artikel ini kita akan belajar bagaimana cara membuat resep sederhana namun mujarab untuk mengatasi masalah berkaitan kekebalan tubuh dan serangan virus tersebut. Untuk membuat ramuan ini, Anda hanya perlu menyediakan bahan utama yaitu madu, jahe, dan lemon secukupnya.

Setelah dibuat, sirup ini nantinya bisa bertahan hingga 3 minggu ke depan tanpa tambahan bahan pengawet apapun, jadi sekiranya sudah cukup lama digunakan sebagai obat persediaan sewaktu-waktu. Untuk prosedur pembuatannya, silahkan langsung disimak petunjuk dan langkah-langkahnya berikut ini:

Sebelumnya Anda perlu menyediakan
  • 1 cangkir madu
  • 2 buah lemon
  • Jahe 2,5 inci
  • Segelas air
Estimasi waktu memasak: 30 menit

Langkah 1: Kupas akar jahe dan potong menjadi potongan kecil-kecil

Ambil 2,5 inci jahe dan kupas dari kulitnya. Potong menjadi ukuran kubus kecil-kecil.

Langkah 2: Parut kedua buah kulit lemon

Ambil lemon dan parut kulitnya sampai didapatkan 1-1,5 sendok teh kulit lemon.

Langkah 3: Tambahkan bahan ke dalam panci

Ambil panci dan tuangkan 1 gelas air ke dalamnya. Kemudian, tambahkan jahe cincang dan kulit lemon ke air ini dan aduk-aduk. Kemudian panaskan cairan ini dengan api berukuran sedang.

Langkah 4: Rebus cairan dan biarkan mendidih selama 4-5 menit

Biarkan cairan mendidih dan kurangi sedikit panas nyala api sampai agak rendah. Biarkan cairan mendidih selama 4-5 menit berikutnya.

Langkah 5: Saring cairan dan pisahkan

Ambil mangkuk bersih dan saring cairan ini ke dalamnya, sampai panci hanya berisi jahe dan kulit lemon. Pisahkan mangkuk yang berisi cairan saringan tersebut.

Langkah 6: Panaskan madu di panci lain

Ambil panci lain dan tuangkan 1 cangkir madu ke dalamnya. Biarkan dengan panas api rendah selama 8-10 menit berikutnya.

Perhatian: Pastikan madu tidak sampai mendidih, karena akan merusak khasiat obatnya.

Langkah 7: Tambahkan cairan jahe-lemon + jus lemon dengan madu

Setelah madu menjadi panas, tuangkan cairan lemon dan cairan jahe yang telah disiapkan sebelumnya ke dalamnya. Kemudian, peras jus dari 2 buah lemon dan tuangkan ke dalam campuran ini juga. Campur semuanya hingga benar-benar menyatu dan merata.

Langkah 8: Lakukan pengadukan selama 10 menit berikutnya

Di atas nyala api rendah, terus aduk campuran ini selama 10 menit berikutnya, sampai cairan mulai menggelembung dan mendidih.

Langkah 9: Biarkan campuran mendingin

Setelah campuran direbus, angkat dari panas api dan biarkan beberapa saat sampai terasa hangat jika disentuh. Selanjutnya, cairan bisa dituangkan ke dalam toples kaca.

Perhatian: Jangan menuangkan saat sirup masih panas ke dalam wadah kaca, karena bisa menyebabkan retak dan pecah. Dan jangan pula simpan sirup ini ke dalam wadah plastik.

Petunjuk penyimpanan: Simpan di tempat yang sejuk, kering, dan higienis, hindari dari papatan sinar matahari langsung, dalam wadah kaca yang rapat.

Masa kadaluarsa: Dapat dikonsumsi hingga kurun waktu 3 minggu berikutnya, asalkan setelah digunakan ditutup rapat dan disimpan kembali di temoat semula.

Cara Pengonsumsian
Sirup obat batuk alami
  • Hangatkan terlebih dahulu satu sendok teh sirup sebelum mengonsumsinya. 
  • Jangan minum air selama setengah jam berikutnya.
  • Minumlah sirup ini tiga kali dalam sehari setidaknya selama 3 hari untuk merasakan khasiatnya.
Khasiat Ilmiah
Madu, jahe, dan lemon sudah biasa digunakan sejak zaman dahulu kala untuk mengobati pilek dan batuk karena efek fenomenalnya.

Meskipun demikian, jahe adalah yang paling kuat di antara ketiganya, dan dikenal dengan sifat antiinflamasi dan antimikroba kuat, yang menyembuhkan infeksi di saluran pernapasan dan membunuh mikroba penyebabnya. Plus, juga bisa merangsang rasa lapar dan mencegah hilangnya nafsu makan, yang umum terjadi saat seseorang mengalami sakit.

Lemon menyuplai tubuh dengan dosis tinggi vitamin C untuk meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci dari sistem kekebalan tubuh. Sementara madu, bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan tenggorokan yang meradang dan mengurangi rasa sakit yang diakibatkannya.


All images source: Boldsky.com

Komentar Anda