Home » Blogging» Cara Pasang HTTPS di Blogger Custom Domain Gratis

Cara Pasang HTTPS di Blogger Custom Domain Gratis

. . 4 komentar:

Bagikan:

Cara Memasang SSL HTTPS di Blogspot Custom Domain ~ Kabar gembira buat para Content Creator di seluruh tanah air terutama yang menggunakan platform fenomenal Blogger.com miliknya Google tersebut, karena kini fitur HTTPS telah tersedia untuk blogspot yang sudah custom domain alias memiliki domain khusus sendiri. Namun begitu, Google sendiri sebenarnya belum secara resmi mengumumkan akan adanya ketersediaan HTTPS untuk blogger custom domain. Sehingga jika kita mengaksesnya melalui https://www.blogger.com, maka settingan untuk mengaktifkan HTTPS tersebut belum tersedia.
Blogger.com support HTTPS
Blogger.com support HTTPS
Untuk sementara ini, agar dapat ikut serta menikmati fitur https yang diberikan secara gratis oleh Google, kita harus mengakses blogger milik kita melalui laman url https://draft.blogger.com. Setelah terbuka, silahkan pilih tab Setting atau Pengaturan di bilah kiri, akan nampak menu pengaturan baru HTTPS Availability atau Ketersediaan HTTPS (jika halaman blogger berbahasa Indonesia). Silahkan langsung centang pada pilihan Ya, secara otomatis halaman akan direload dan akan muncul keterangan seperti di bawah ini.
Proses peralihan HTTP ke HTTPS Blogger
Proses peralihan HTTP ke HTTPS

Apa yang harus Anda lakukan selanjutnya?
Jika sudah muncul keterangan seperti di atas, berarti domain sedang diproses dan masuk dalam mode propagasi alias peralihan DNS (Domain Name Server) dari http ke https sehingga blog tidak dapat diakses dalam beberapa waktu.

Menurut sepengalaman penulis sendiri, blog akan mengalami error selama kurang lebih 20 menit dan akan aktif kembali dengan alamat domain protokol baru https. Silahkan refresh secara berkala halaman draf.blogger.com untuk memastikan domain sudah terpointing dengan https secara sempurna, ditandai dengan hilangnya pesan peringatan seperti tampak pada gambar di bawah ini.
HTTPS telah aktif
HTTPS telah aktif
Masih ada langkah selanjutnya dan merupakan langkah terakhir yang sangat penting pengaktifan fitur HTTPS blogger custom domain ini, yaitu pengalihan secara permanen (301 Moved Permanently) semua kueri dari http ke https sehingga tidak terjadi duplikasi konten yang bisa berpengaruh buruk bagi performa SEO. Silahkan pada menu Pengalihan HTTPS pilih Ya dan otomatis halaman akan tereload sendiri. Okay selesai, kini domain blogger Anda sudah dapat diakses dengan alamat https://www.domain-anda.com.

Menu Pengalihan HTTP ke HTTPS
Beberapa catatan penting, dalam mengaktifkan fitur HTTPS ini:
  • Setelan domain pihak ketiga pada menu Alamat Blog harus ada WWW-nya (www.domain-anda.com). Jadi jika domain Anda saat ini masih menggunakan http://domain-anda.com, maka silahkan ubah terlebih dahulu;
  • Rubah semua resource template blog yang masih menggunakan http ke https. Jadi Anda harus melakukan pengecekan dan perubahan di menu Tema->Edit HTML. Ctrl+F dan masukkan http://, replace atau ganti dengan https://. Tujuan dari pengubahan ini agar tidak terjadi mixed content antara http dan https. Jika mixed content terjadi maka tanda gembok hijau (aman) di sebelah kiri url bar browser tidak akan muncul dan hal ini dapat mengurangi performa blog kita tentunya;
  • Silahkan daftarkan ulang domain HTTPS Anda di Google Webmaster di Menu TAMBAHKAN PROPERTI, Submit Sitemap, Fetch as Google, dan lain-lain;
  • Fitur HTTPS yang diberikan benar-benar gratis dari Google yang telah bekerjasama dengan Let’s Encrypt, jadi dalam hal ini kita tidak perlu membeli lagi sertifikat SSL dari luar;
  • Jika Anda telah memasang iklan Adsense di blog seblumnya, biasanya iklan tidak akan muncul selama beberapa saat akibat dari peralihan domain ini. Anda tidak perlu khawatir, setelah Adsense sukses beradaptasi dengan domain baru kita, iklan akan kembali muncul seperti biasa. Proses ini tidak memerlukan waktu lama kok, tenang saja.

Kenapa harus mengaktifkan HTTPS di blog?
Koneksi HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) pada awalnya diperuntukan bagi website-website yang memerlukan koneksi aman, yaitu web-web yang menyimpan username dan password, informasi rekening bank, kartu kredit, dan lain-lain, untuk mengamankan dari proses penyadapan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun di era ini, Google menyarankan agar semua blog meskipun hanya blog yang berisi konten-konten ringan dan bukan informasi pribadi, agar menggunakan koneksi aman https.

Keuntungan lain, Google akan sedikit memberikan nilai plus bagi blog atau website yang telah menerapkan koneksi aman HTTPS di hasil penelusuran mesin pencari. Namun begitu, konten yang bermanfaat tetap menjadi prioritas utama Google dalam memberikan penilaian dan prioritasnya di hasil penelusuran. 

Jadi dalam hal ini, jika Anda telah menerapkan koneksi https tapi tidak membuat konten yang bermanfaat buat pembaca, maka hal itu tidak akan berpengaruh apa-apa dalam peningkatan SEO.

Jika Anda mengalami masalah selama proses ini, silahkan tanyakan di kolom komentar, akan kami bantu beri arahan terkait masalah yang Anda alami. Semoga bermanfaat dan Sukses selalu...

Baca Ini Juga

Loading...

Komentar Anda


Jaiber Uribe mengatakan:

Hola, tu usabas otro SSL antes de usar el de blogger. Hace horas hice el proceso y aún no se me activa, no sé si es porque uso cloudflare. Perdona no escribir en indoneso.


Syafaatfm mengatakan:

@Jaiber Uribe, I was using cloudflare before this. You must delete your Cloudflare's Name Server and change to default NS.


Jaiber Uribe mengatakan:

Thanks, very much


CogelRandy mengatakan:

Sukses selalu blogger indonesia