Home » Kesehatan» 8 Kesalahan Umum Diet yang Harus Dihindari di Tahun Baru 2018

8 Kesalahan Umum Diet yang Harus Dihindari di Tahun Baru 2018

. . Tidak ada komentar:
Diet tahun 2018
Ilustrasi diet
Tahun baru juga bisa kita maksudkan sebagai awal yang baru di semua bidang kehidupan dan tentunya kita semua ingin membuat suatu perubahan positif akan hal tertentu sehingga dapat mempertahankannya sepanjang tahun atau biasa disebut dengan resolusi tahun baru. Baik itu bekerja lebih giat lagi demi meningkatkan karir, melakukan upaya untuk memperbaiki hubungan dengan orang yang dicintai, memperbaiki kesehatan mental maupun fisik, dan sebagainya, adalah beberapa bentuk resolusi umum yang dibuat orang pada awal tahun ini.

Namun ada satu hal terpenting yang harus kita perbaiki dan lebih diprioritaskan yaitu kesehatan kita, karena tanpa tubuh yang sehat, bahkan kesuksesan di bidang karir dan hubungan baik sekalipun tidak akan bisa dinikmati sepenuhnya. Misalnya saja, jika Anda menderita penyakit tertentu yang sering kumat-kumatan, maka hal itu tentu saja bisa mengganggu konsentrasi pada pekerjaan dan bahkan bisa gagal melakukan tugas tertentu secara efektif.

Jadi, salah satu prioritas utama kita adalah, harus melakukan upaya dan perubahan gaya hidup positif tertentu yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Kesehatan yang optimal hanya bisa dicapai dengan kombinasi diet seimbang, olahraga teratur dan penanganan stres yang tepat. Selain itu,  menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum-minuman keras, menghindari polusi, sebanyak mungkin, juga merupakan beberapa hal positifvyang dapat meningkatkan kesehatan kita.

Berikut ini kami telah merangkum beberapa kesalahan diet (pola makan) umum yang harus dihindari agar kita bisa memiliki kehidupan yang lebih sehat dan sejahtera di tahun 2018 yang akan datang:

1. Menghilangkan Makanan Tertentu
Akhir-akhir ini banyak orang mengikuti diet mode tertentu yang mengharuskan mereka untuk menghilangkan kelompok makanan tertentu seperti produk susu atau karbohidrat sepenuhnya dari daftar makanannya. Hal ini memiliki dampak negatif yang dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, karena semua nutrisi dibutuhkan untuk kesehatan yang optimal. Namun bagitu, kuncinya adalah mengonsumsinya dalam jumlah terbatas atau jangan berlebihan, karena yang berlebih-lebihan itu tidak baik dalam hal apapun.

2. Menetapkan Tujuan yang Tidak Realistis
Banyak orang yang ingin menurunkan atau menambah berat badan dengan cepat dapat membuat tujuan diet yang sangat tidak realistis dari segi kesehatan. Misalnya, mereka menetapkan tujuan agar dapat menurunkan 10 kilogram dalam 15 hari dan membuat memaksa dirinya sendiri kelaparan dan kecewa saat mendapati ternyata tujuannya tersebut tidak tercapai dengan sempurna. Jadi, penting untuk menetapkan tujuan yang memungkinkan Anda me-manage berat badan dengan cara yang sehat.

3. Mengonsumsi Pil Diet Tertentu
Banyak orang mengonsumsi pil diet yang menjanjikan mampu memberinya penurunan berat badan yang sangat cepat. Namun, telah terbukti berkali-kali bahwa pil ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan dan juga dapat menyebabkan masalah kecanduan. Jadi, dalam hal apapun penurunan berat badan tetaplah harus selalu dilakukan dengan cara alami.

4. Tidak Menyadari Hasil yang Didapat
Bila Anda telah mengikuti aturan diet yang sehat, ditambah dengan olahraga, penting untuk mengetahui hasilnya. Karena hal demikian itu dapat semakin memotivasi Anda untuk tetap konsisten menjalani diet tersebut, Tidak menyadari hasil yang akan didapat dapat menghilangkan motivasi dan semangat ke depannya.

5. Memiliki Banyak Aturan Soal Makanan
Diet adalah peraturan dan disiplin ketika berhubungan dengan kebiasaan makan, seperti, tidak makan makanan yang berlemak, dll. Namun, jika hal ini menyebabkan Anda terlalu banyak memiliki peraturan soal makanan, mungkin akan menyebabkan Anda merasa sulit mempertahankan diet tersebut dan akan memengaruhi hasil yang dicapai nantinya. Jadi, selalu lebih baik unyuk memulainya dengan pelan-pelan namun konsisten.

6. Tidak Sabaran
Sama seperti halnya bagaimana Anda harus menyadari hasil usaha diet agar tetap termotivasi, pada saat yang dama, Anda juga harus cukup sabar untuk menunggu hasilnya, karena mungkin bisa memerlukan beberapa saat agar tingkat metabolisme bekerja maksimal dan hasilnya akan mulai pelan-pelan terlihat seperti yang diharapkan.

7. Menghindari Lemak Sepenuhnya
Banyak orang yang memulai diet baru percaya bahwa menghindari semua jenis makanan berlemak dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, ada beberapa jenis lemak sehat yang ditemukan pada makanan seperti kelapa, ghee (minyak samin), alpukat, dll, sangat penting untuk kesehatan dan tetqp, harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

8. Melewatkan Makan Pada Saat Tertentu
Melewatkan makan pada waktu-waktu tertentu, terutama sarapan, karena menurut Anda kebiasaan ini bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat, berarti Anda telah menjalani pola diet yang salah, kontraproduktif dan berbahaya bagi kesehatan. Karena hal tersebut bisa memperlambat metabolisme dan menyebabkan kekurangan nutrisi.
Loading...
Advertisement

Komentar Anda