Home » Kesehatan» 6 Manfaat Istimewa Menyusui Bagi Kesehatan Ibu dan Bayi

6 Manfaat Istimewa Menyusui Bagi Kesehatan Ibu dan Bayi

. . Tidak ada komentar:

Bagikan:

Manfaat kesehatan menyusui bagi ibu dan bayi
Manfaat kesehatan menyusui bagi ibu dan bayi
Manfaat Menyusui Bagi Kesehatan Ibu dan Bayi ~ Saat masih berada di dalam rahim, bayi masih bergantung hanya pada tubuh sang ibu untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi. Tapi begitu bayi lahir, ia akan menjadi secara aktif bergantung pada ibu, ayah dan pengasuh lainnya untuk perawatan dan gizi. Salah satu cara pertama pemberian nutrisi yang baik bagi bayi adalah melalui tindakan menyusui. Alam telah memberkati ibu dengan nektar yang paling bergizi di dalam dirinya sendiri, yang kemudian diberikan kepada bayinya melalui menyusui.

Topik perdebatan yang masih sering diperbincangkan adalah soal durasi menyusui. Sebagian besar otoritas medis mengatakan bahwa pemberian ASI eksklusif untuk enam bulan pertama kehidupan bayi adalah wajib, bersamaan dengan pemberian ASI yang diperpanjang dengan makanan bergizi sampai usia satu atau dua tahun. Tapi ternyata tidak semua orang setuju akan hal tersebut.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang manfaat menyusui baik bagi bayi maupun sang ibu sendiri. Lebih lengkap, berikut rangkuman 6 manfaat menyusui buat bayi dan ibu:

Manfaat ASI bagi Bayi

1. Menunjang Kesehatan Bayi
Terlihat dari sistem pencernaan bayi yang belum matang sehingga tidak bisa mencerna susu formula atau susu sapi secara sempurna. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kolik dan masalah lainnya bagi si kecil. Pemberian ASI bagi bayi memastikan bahwa si bayi tersebut sehat dan tidak sampai mengalami masalah perut atau pencernaan.

2. Mencegah Penyakit Autoimun
Pemberian ASI bayi memastikan tubuh bayi sudah terbiasa dengan antigen di tubuh ibu. Dengan cara ini, ASI dapat mencegah perkembangan penyakit autoimun pada bayi.

3. Mencegah Alergi Dan Penyakit Umum
Susu ibu membantu sistem kekebalan tubuh yang matang pada bayi. Dengan cara ini, bayi akan terlindungi dari alergi dan penyakit umum.

4. Mencegah SIDS
Dengan menyusui, berarti Anda sudah mengurangi kemungkinan si bayi mengalami sindrom kematian bayi mendadak atau SIDS (Sudden Infant Death Syndrom).

5. Mencegah Obesitas
Menyusui juga bisa membantu mencegah obesitas pada bayi Anda. Selain itu, juga bisa membantu menjaga bayi dalam batas berat badan yang sehat.

6. Mengurangi Kemungkinan Kanker Pada Bayi
Ada beberapa jenis kanker yang terlihat pada bayi dan anak-anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa menyusui membantu mengurangi kemungkinan pengembangan kanker sejenis ini.

Manfaat Menyusui Bagi Ibu

1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal
Tidak ada cara yang lebih baik untuk menurunkan berat badan pasca kehamilan dibandingkan dengan menyusui. Hal ini seringkali diistilahkan sebagai sedot lemak alami. Menyusui juga memastikan bahwa Anda atau sang ibu tidak mengalami obesitas di masa depan.

2. Mempercepat Proses Pemulihan Sang Ibu
Tindakan menyusui bagi bayi akan mengeluarkan hormon yang disebut oksitosin. Hormon ini membantu penyembuhan tubuh dan luka yang terjadi selama persalinan. Hormon ini juga membantu mempercepat rahim untuk kembali ke ukuran semula.

3. Mengurangi Resiko Kanker Payudara
Manfaat menyusui bagi ibu juga dapat mengurangi kemungkinan risiko seorang wanita mengembangkan kanker payudara pra-menopause.

4. Perlindungan Kelahiran
Meski bukan cara perlindungan 100% kelahiran; Tapi terlihat bahwa menyusui juga membantu mencegah kehamilan lain. Hal ini dapat membantu dalam menjaga jarak antara dua kehamilan yang sehat.

5. Biaya yang Lebih Murah
Menyusui adalah makanan bayi terbaik dan tidak memerlukan biaya apapun. Oleh karena itu sangat ekonomis jika dinilai secara materil.

6. Mencegah Depresi Pasca Melahirkan
Menyusui membantu ikatan ibu dengan bayi lebih baik. Dengan cara ini, ibu akan terhindar dari kemungkinan risiko mengalami depresi pasca melahirkan. Jika ada ibu baru yang telah mengalami depresi sebelumnya, menyusui juga bisa membantunya dalam pemulihan dari depresi pasca melahirkan.

Baca Ini Juga

Loading...

Komentar Anda